Follow detikFinance
Selasa, 03 Jun 2014 20:14 WIB

Grup Ciputra Gelontorkan Rp 2 Triliun Bangun Proyek-proyek Ini

- detikFinance
Jakarta - PT Ciputra Development Tbk (CTRA) bakal meluncurkan dan mengoperasikan 8 proyek baru di tahun ini. Perseroan telah menyiapkan sedikitnya Rp 2 triliun untuk menyelesaikan proyek-proyek tersebut.

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra mengungkapkan, meskipun tahun ini pergerakan sektor properti bakal melambat, namun untuk permintaan masih akan tetap tinggi.

"Properti memang akan slow down tahun ini karena berbagai faktor seperti election (pemilu), penyesuaian BI Rate, LTV (batas uang muka) juga masih ada tapi permintaan masih tinggi karena kebutuhan," ujar dia saat ditemui di Lotte Shopping Avenue, Ciputra World 1, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Candra menyebutkan, perseroan telah menyiapkan belanja modal atau Capital Expenditure (Capex) tahun ini Rp 2 triliun, yang sebesar 90% dananya diambil dari kas perseroan, sementara sisanya dari pinjaman perbankan.

"Capex tahun ini Rp 2 triliun, 80-90% dari kas internal, sisanya pinjaman bank," katanya.

Tahun ini, perseroan menargetkan bisa menaikkan penjualan di angka Rp 10 triliun. Di 2013, pendapatan perseroan secara grup mencapai Rp 8,94 triliun. Laba bersih tahun 2013 mencapai Rp 977 miliar.

"Pendapatan dan laba bersih tahun ini diperkirakan akan meningkat sekitar 20-30%," kata Candra.

Berikut Proyek-proyek baru yang segera diluncurkan dan beroperasi:

  1. Raffles Hotel Jakarta, luxury hotel yang menempati 11 lantai dari Raffles Tower di Ciputra World 1 dengan total 171 kamar. Hotel ini dilengkapi grand ballroom dengan kapasitas 2.500 orang. Selain itu, ada 88 unit premium condominium Raffles Residence Jakarta.
  2. Ciputra International berlokasi di Puri Indah, Jakarta Barat. Untuk tahap pertamanya akan dibangun 3 office tower serta 1 kondominium. Proyek ini akan dikembangkan dalam 3 fase pengembangan dengan total area seluas 7,5 hektar yang terdiri dari 10 tower.
  3. Office Tower Kemayoran, seluas 1,8 hektar di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat akan dipasarkan 2 tower gedung perkantoran lengkap dengan fasilitas lifestyle commercial area.
  4. Citra Lake Suites, hunian apartemen seluas 1,2 hektar di Citra 6 CitraGarden City, Jakarta Barat. Apartemen ini terdiri dari 4 tower, pengembangannya bekerjasama dengan Mitsui Fudosan Group dari Jepang.
  5. CitraGrand Senyiur City Samarinda, pengembangan kawasan kota mandiri seluas 397 hektar yang memiliki desain dengan lebih dari 25% merupakan area hijau dan dilengkapi berbagai fasilitas kota modern.
  6. CitraGarden Aneka Pontianak merupakan pengembangan properti perusahaan di Pontianak. Kawasan seluas 9,5 hektar ini akan menjadi kawasan hunian baru yang strategis.
  7. Rosewood Resort and Villa di Tabanan, Bali seluas 12 hektar yang terdiri dari 80 kamar hotel dan 27 vila untuk disewakan serta 29 residential villa untuk dijual.
  8. CitraDream Cirebon dan Semarang merupakan 2 budget hotel yang segera beroperasi.
"Semua proyek-proyek tersebut akan launching dan beroperasi tahun ini," pungkasnya.



(drk/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed