Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Agu 2014 11:53 WIB

Apa Kabar Menara Saidah? Perkantoran Tak Berpenghuni di Jakarta

- detikFinance
Jakarta -

Masih ingat dengan Menara Saidah? gedung perkantoran elit tak berpenghuni di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. Gedung setinggi 28 lantai ini sedang mengalami pemugaran dan renovasi besar-besaran.

"Sedang direnovasi, di depan sudah dicat sedikit," ungkap salah seorang petugas keamanan gedung yang tidak mau disebutkan namanya kepada detikFinance, Jumat (1/08/2014).

Menara Saidah adalah salah satu gedung tertinggi di kawasan MT Haryono. Gedung ini punya sejarah panjang awalnya dibangun selama 3 tahun dari tahun 1995 hingga 1998 oleh kontraktor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Hutama Karya (Persero). Perkantoran ini sudah kosong setidaknya sejak 2009 atau 5 tahun lalu.

Petugas keamanan tersebut mengungkapkan proses pemugaran gedung dilakukan sejak awal tahun 2014. "Sudah mulai dipugar sejak Februari 2014," imbuhnya.

Menurut petugas keamanan itu, pemugaran tidak hanya dilakukan berupa pengecatan ulang tetapi perbaikan struktur gedung secara umum.

"Ada renovasi kerangka gedung di dalam sampai lapangan parkir basement, jadi nggak hanya dicat ulang," katanya.

Menurut pengamatan detikFinance di lokasi, penampakan gedung di bagian depan memang mulai rapi dibandingkan tahun lalu. Tiang besar bangunan yang terletak di bagian depan sebagian telah dicat berwarna putih dan hijau.

Sayangnya petugas tidak memberikan izin untuk melihat lebih dalam proses perbaikan gedung, termasuk melihat kondisi patung-patung yang ada dalam gedung. Namun terlihat beberapa pekerja keluar-masuk sambil melihat struktur bangunan bagian atas gedung.

"Targetnya sampai akhir tahun selesai renovasinya," kata petugas keamanan tersebut.

(wij/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com