Konsultasi Properti

img_list
Rumahku.com fb: Rumahku.FansPage twitter: @rumahku Instagram: @rumahkucom Portal Properti No.1
Follow detikFinance
Selasa 28 Jul 2015, 07:19 WIB

Mending Kontrak atau Cicil Rumah Pakai KPR?

Rumahku.com - detikFinance
Mending Kontrak atau Cicil Rumah Pakai KPR?
Jakarta - Dilema antara menyewa rumah atau membeli rumah adalah pertanyaan sepanjang masa yang selalu ditanyakan banyak orang selama bertahun-tahun. Memang hal itu sangat krusial, mengingat untuk sebagian orang hal ini mungkin menjadi salah satu keputusan terpenting dalam hidupnya.

Sebelum Anda mengambil keputusan sewa atau beli, ada lima pertanyaan sederhana (ya atau tidak) yang harus Anda jawab:

1. Apakah Anda tidak memiliki kredit macet atau gagal bayar pada 1 tahun terakhir termasuk untuk pembayaran kartu kredit?
Sejarah kredit Anda akan selalu tercatat oleh Bank Indonesia dan para perusahaan pembiayaan akan menggunakan data sejarah credit Anda untuk referensi.

2.Apakah Anda mempunyai simpanan/tabungan untuk membayarkan uang muka dua puluh persen (20%) atas rumah yang hendak dibeli?
Syarat pertama Anda dapat membeli rumah melalui KPR adalah Anda harus membayar uang muka sebesar minimal 20% (untuk rumah pertama) secara tunai.

3. Apakah Anda memiliki pendapatan tetap setiap bulannya?
Pemilik pendapatan tetap setiap bulan akan menjadi pertimbangan oleh bank/perusahaan pembiayaan untuk memastikan Anda dapat membayar angsuran kredit. Jika Anda karyawan swasta/PNS, maka akan dibutuhkan slip gaji. Namun apabila Anda pengusaha maka akan dibutuhkan rekening koran dan pembukuan usaha Anda.

4. Apakah pendapatan bulanan Anda jika dibagi dengan harga rumah yang hendak dibeli nilainya lebih dari dua koma tiga persen (2,3%)?
Angka 2,3% didapatkan dari perhitungan angsuran KPR untuk 20 tahun dengan uang muka 20% dibandingkan dengan harga rumah dan lalu dikali 3.

5. Apakah Anda dapat menyisihkan tiga puluh persen (30%) dari pendapatan bulanan untuk membayar angsuran KPR?
Anda hanya boleh menggunakan 30% dari pendapatan untuk membayar angsuran dan 70% sisanya untuk keperluan hidup Anda.

Apabila jawaban dari seluruh pertanyaan di atas adalah 'Ya', maka Anda disarankan untuk membeli rumah dengan KPR, tetapi apabila ada satu atau lebih dengan jawaban 'Tidak' maka Anda disarankan untuk menyewa terlebih dahulu hingga waktunya.

Anda tidak perlu takut dengan kata 'kredit'. Asalkan Anda sudah merencanakan dan menjalankan komitmen dengan baik, maka kredit akan menjadi jalan keluar Anda untuk memiliki rumah.

Selalu ingat bahwa memaksakan sesuatu melebihi batas kemampuan Anda bukanlah suatu tindakan yang positif. Happy home hunting.

(dnl/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed