Konsultasi Properti

img_list
Rumahku.com fb: Rumahku.FansPage twitter: @rumahku Instagram: @rumahkucom Portal Properti No.1
Follow detikFinance
Rabu 26 Aug 2015, 07:12 WIB

Mungkinkah Membeli Rumah Tanpa Andalkan KPR?

Rois Jajeli - detikFinance
Mungkinkah Membeli Rumah Tanpa Andalkan KPR?
Jakarta - Pertanyaan:
Mahalnya harga rumah yang tidak sebanding dengan penghasilan bulanan yang saya dapatkan. Padahal saya sangat ingin memiliki rumah, setidaknya dengan harga di bawah Rp 200 juta.

Apakah mungkin saya bisa membeli rumah tanpa harus mengikuti prosedur KPR (Kredit Pemilikan Rumah) alias tidak meminjam ke Bank? Jika mungkin, bagaimana caranya?

Terima kasih.
-Supriatno/27 tahun-

Jawaban:
Tidak ada yang tidak mungkin, Anda tentu bisa memiliki rumah impian Anda, tanpa harus meminjam di bank ataupun melakukan KPR. Kami memiliki beberapa cara yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Semoga membantu!

1. Menyisihkan 20 Persen dari Pendapatan Secara Konsisten

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menabung secara konsisten. Sisihkanlah uang gaji Anda sebesar 20 persen dari nominal gaji bulanan. Anda dapat menabungnya ke bank dengan rekening khusus, dan tidak dapat dicampur dengan rekening untuk biaya hidup atau pengeluaran harian. Selain menabung, untuk menambah pundi-pundi uang, Anda juga bisa memilih skema investasi dalam bentuk deposito ataupun reksadana.

2. Investasi Emas

Setelah jumlah tabungan dirasakan cukup, Anda bisa memutarnya untuk membeli dinar emas. Menabung dalam bentuk dinar emas bisa sangat menguntungkan, karena tidak terpengaruh dengan inflasi. Jadi jika harga 1 kon emas seharga Rp 2.313.000, dan harga jual rumah Rp 300 juta maka Anda dapat membeli rumah dengan 148 koin dinar emas.

Selain itu, menabung dalam bentuk emas juga bisa dijadikan cara berinvestasi yang menguntungkan karena nilai emas tumbuh sekitar 15 persen-20 persen per tahun. Sementara nilai properti tumbuh 10 persen-15 persen pertahun. Jadi, emas yang Anda punya akan lebih cepat tumbuh nilainya daripada rumah yang Anda incar.

3. Emas yang Dikumpulkan Bisa untuk DP Rumah

Setelah menabung, Anda pun bisa menggunakan tabungan emas Anda untuk digunakan membayar DP rumah. Tetapi jika tabungan emas Anda dinilai cukup untuk membeli rumah, sebaiknya Anda langsung menggunakannya untuk membayarnya membeli rumah impian.

Namun, jika tabungan Anda hanya bisa untuk membayar DP rumah, sebaiknya Anda memilih membayar cicilan rumah dengan skema pembayaran tunai bertahap. Cara pembayaran ini memiliki banyak keuntungan seperti bebas suku bunga kredit, jangka waktu utang tidak lama, Anda pun tidak dipusingkan dengan berbagai kelengkapan administrasi seperti ketika mengambil KPR.

4. Menjadi Agen Properti

Siapa yang menyangka, ternyata menjadi agen properti bisa dijadikan solusi mencari uang tambahan untuk membeli rumah. Dengan menjadi agen properti, Anda bisa mendapatkan komisi berkisar 1-3 persen dari harga jual rumah, apalagi jam kerja menjadi seorang agen properti yang sangat fleksibel memudahkan Anda untuk membagi waktu antara pekerjaan utama dan sambilan.

5. Rumah yang Dibeli Bisa Dijadikan Investasi

Jika hasil tabungan Anda hanya bisa membeli rumah yang sederhana, tidak perlu berkecil hati karena rumah tersebut bisa juga dijadikan investasi yang menggiurkan. Apalagi jika lokasinya mudah dijangkau maka Anda memiliki prospek yang cerah untuk menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi dan kemudian membeli rumah baru dengan kondisi yang lebih baik dan besar.

(dnl/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed