Selain KPR Subsidi, Pemerintah Juga Beri Asuransi Rumah Gratis

Muhammad Idris - detikFinance
Senin, 30 Nov 2015 07:55 WIB
Ilustrasi (Foto: dok. detikFinance)
Jakarta - Selain mendapat keringanan cicilan Kredit Perumahan Rakyat (KPR), masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga mendapat asuransi rumah gratis dari pemerintah. Fasilitas asuransi ini menjamin MBR tak perlu mengkhawatirkan kerugian, jika terjadi bencana alam atau pun kebakaran saat cicilan belum lunas.

Direktur Jenderal Pembiyaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maurin Sitorus mengungkapkan, biaya asuransi sudah merupakan satu paket dalam fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

"Ada bencana alam rumah hancur atau rusak sudah asuransinya sudah ditanggung pemerintah, ini khusus yang FLPP yah. Sama juga kalau ada kebakaran, biaya pembangunan kembali, atau perbaikan rumah dari asuransi itu," kata Maurin ditemui detikFinance di Pameran Infrastruktur dan Perumahan Rakyat di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (29/11/2015).

Maurin melanjutkan, selain asuransi yang menutup kerugian akibat bencana alam dan kebakaran, asuransi yang dibayarkan pemerintah sebesar 5% dari nilai rumah ini juga melindungi penerima subsidi jika meninggal dunia.

"Cicilan masih ada 5 tahun atau 10 tahun misalkan, nanti anaknya atau keluarganya tak perlu melanjutkan cicilan, sudah lunas. Dibayar asuransi kalau yang terima FLPP ini meninggal dunia, tapi nggak mungkin dong orang ingin mati. Kalau misal namanya Pak Joko kecelakaan dan meninggal, keluarnganya sudah nggak perlu mencicil KPR," jelas Maurin.

(ang/ang)