Jitu Memilih Lahan Parkir Sebelum Membeli Apartemen

Rumahku - detikFinance
Jumat, 25 Nov 2016 08:11 WIB
Foto: Febri Angga Palguna
Jakarta - Membeli hunian berupa apartemen adalah perkara mudah saat Anda sudah memiliki dana tertentu. Lokasi adalah salah satu faktor utama mengapa seseorang membeli apartemen. Namun sayangnya, tidak semua pembeli apartemen jeli melihat kondisi parkiran di apartemen tersebut.

Hanya segelintir apartemen yang menyediakan lahan parkir yang baik dengan manajemen yang baik pula. Jika Anda tidak teliti, maka Anda bisa menyesal di kemudian hari pada apartemen pilihan Anda tersebut.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, penting halnya bagi Anda untuk mengetahui tiga hal penting saat menilai lahan parkir di suatu apartemen, seperti:

a. Ketahuilah perbandingan area parkir
Apartemen yang besar, tinggi dengan kamar yang banyak, belum tentu memiliki area parkir yang memadai. Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan menetapkan rasio pada bangunan parkir adalah 25 m2 untuk satu buah mobil. Jika per mobil setidaknya membutuhkan 2,25 meter dengan panjang 4,5 meter pada posisi tegak lurus, maka untuk parkir sejajar, setidaknya harus tersedia area lebar 2,25 meter dengan panjang 6 meter per mobil.

b. Biaya parkir
Ketahuilah bahwa lahan parkir di apartemen tidaklah selalu bisa dinikmati secara gratis. Pengeluaran berupa biaya bulanan perlu Anda persiapkan untuk hal ini. Setidaknya uang tersebut digunakan untuk pembayaran jasa keamanan dan sebagainya. Pastikan Anda mencari tahu info ini secara benar, sehingga tidak membuat kesalahan perhitungan di kemudian hari. Lagipula jika tidak sejalan, Anda masih bisa mencari lokasi apartemen lainnya.

(sumber: Rumahku.com) (wdl/wdl)