Konsultasi Properti

img_list
Rumahku.com fb: Rumahku.FansPage twitter: @rumahku Instagram: @rumahkucom Portal Properti No.1
Follow detikFinance
Kamis 02 Feb 2017, 06:34 WIB

Karyawan Kontrak Mau Ajukan KPR, Ini Triknya

Rumahku - detikFinance
Karyawan Kontrak Mau Ajukan KPR, Ini Triknya Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pertanyaan: Saya adalah karyawan dengan status kontrak, bagaimana caranya saya bisa memiliki rumah dengan Kredit kepemilikan Rumah (KPR)

Terima kasih
Raden Bagus Aryo

Jawaban:
Halo Bapak, terima kasih atas pertanyaannya.
Status karyawan kontrak memang sering kali dianggap kurang terpercaya oleh bank penyedia Kredit Pemilikan Rumah (KPR), untuk mendapatkan kepercayaan bank perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pastikan pendapatan di atas pembayaran cicilan
Biasanya untuk menyetujui pinjaman, bank melihat jumlah cicilan tidak lebih dari 30% pendapatan. Bila Bapak memiliki Istri atau pasangan, pendapatan tersebut bisa digabungkan. Pada tahap ini Bapak sebaiknya menentukan target bank untuk diajukan KPR, coba hitung simulasi jumlah pinjaman, uang muka yang Anda sediakan, serta jangka waktu pinjaman, sehingga akan muncul perhitungan cicilan Anda.

Misalnya:
Rumah yang Anda inginan seharga Rp 100 juta, DP 20% atau Rp 20 juta, uang sejumlah inilah yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk mengajukan KPR. Sedangkan 80% sisanya akan dibayar dengan cara dicicil. Misalnya Gaji Anda Rp 3 juta, maka cicilan KPR Anda sebaiknya tidak lebih dari Rp 900 ribu atau 30% dari pendapatan Anda.

2. Perbesar Investasi atau tabungan
Agar jumlah cicilan semakin ringan, sebaiknya Anda lebiih rajin berinvestasi atau menabung. Semakin besar jumlah tabungan, maka jumlah Down Payment (DP) yang bisa Anda bayarkan akan semakin besar, sehingga jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan akan semakin mengecil.

3. Cantumkan seluruh pendapatan Anda
Apakah Anda mempunyai penghasilan tambahan? Bila demikian, masukkan penghasilan tambahan Anda di dalam catatan saat mengajukan permohonan KPR ini ke bank. Jangan lupa sertakan bukti semisal Anda mempunyai usaha yang lain. Dengan penghasilan yang bertambah, bank akan memudahkan Anda untuk mendapatkan rumah impian walaupun status karyawan Anda sekarang ini adalah karyawan kontrak.

Selamat berburu Rumah (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed