Follow detikFinance
Sabtu 11 Feb 2017, 16:28 WIB

Karyawan Bergaji Rp 4 Juta Sudah Bisa Cicil Rumah

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Karyawan Bergaji Rp 4 Juta Sudah Bisa Cicil Rumah Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan pembiayaan bagi para pekerja informal.

Menurut Direktur Jendral Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus, untuk mendapatkan pembiayaan, pekerja informal paling tidak harus memiliki penghasilan sebesar Rp 4 juta, dan belum memiliki tempat tinggal.

"Syarat utamanya mereka (pekerja informal) belum punya tumah, penghasilan Rp 4 juta. Rumah itu harus ditempati tidak boleh dibiarkan kosong," ungkap Maurin di acara Indonesia Property Expo (IPEX) 2017, di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (11/2/2017).

Nantinya, pekerja informal tersebut bakal mendapatkan skema pembiayaan atau kredit seperti KPR pada umumnya. Hanya saja, informal diminta untuk menabung dalam kurun waktu tertentu untuk dilihat penghasilannya.

"Skema pembayarannya sama dengan KPR biasa, hanya nanti ada kekhususan dalam hak, bahwa masyarakat diminta dulu untuk menabung antara enam bulan sampai satu tahun itu untuk melihat pola penghasilan mereka," kata dia.

Ia pun mengatakan, untuk masalah kredit, pekerja informal bakal dikenakan 35% dari total penghasilan.

"Biasanya kan cicilan 35% dari total gaji," tuturnya.

Tertarik? Datang langsung ke IPEX 2017 di JCC untuk keterangan lebih lanjut. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed