Follow detikFinance
Minggu 19 Feb 2017, 14:45 WIB

Solusi Program Perumahan Tanpa DP dari Anies-Sandi

Ahmad Bil Wahid - detikFinance
Solusi Program Perumahan Tanpa DP dari Anies-Sandi Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta - Calon Gubernur DKI Anies Baswedan menawarkan solusi kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di DKI Jakarta. Caranya adalah dengan menyediakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tanpa uang muka (down payment/DP).

Program ini dimaksudkan, agara warga DKI lebih mudah memiliki rumah dengan biaya yang bisa mereka jangkau.

"Prinsipnya ini adalah masalah besar yang dimiliki oleh warga Jakarta, sebenarnya seluruh Indonesia. Karena itu tujuan kita adalah memastikan perumahan yang mereka bisa menjangkau harga," kata Anies ditemui di sela-sela acara syukuran ulang tahun Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Sabtu (18/2/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Calon Wakil Gubernur DKI nomor urut 3, Sandiaga S Uno mengatakan, bahwa secara hitungan ekonomi, program ini sangat memungkinkan untuk dilaksanakan.

"Waktu mas Anies minta saya, saya menghitung dan memang yang kita hadirkan itu tidak sesuatu yang sangat berubah secara fundamental. KPR tetap jalan tapi kita cari solusi untuk DP-nya," tutur Sandi.

Sandiaga bahkan menyebut, pola pembiayaan seperti yang ditawarkan dalam programnya itu sudah banyak diterapkan negara lain.

"Di India ada program itu, di Bangkok juga ada. Jadi menurut saya ini sebuah program yang sangat inovatif dan warga sangat tertarik. Ini sesuatu yang ingin kita hadirkan sebagai solusi," tandas dia. (dna/van)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed