Follow detikFinance
Senin 20 Feb 2017, 12:18 WIB

Program Perumahan Ahok-Djarot

Ahok Bangun Rusunawa untuk Warga DKI, Berapa Bayar Sewanya?

Ray Jordan - detikFinance
Ahok Bangun Rusunawa untuk Warga DKI, Berapa Bayar Sewanya? Rusun Marunda (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menawarkan solusi bagi masyarakat Jakarta yang membutuhkan tempat tinggal. Pasangan ini membagi 4 segmen pemecahan masalah hunian bagi warga ibu kota.

Salah satu yang menjadi fokus program pasangan nomor urut 1 adalah warga DKI yang direlokasi dan mereka yang penghasilannya sangat minim sekitar Rp 3 juta/bulan.

"Kalau untuk orang dengan gaji Rp 3 juta, kita bangun 1 rusun, bisa 36 meter persegi," kata Basuki alias Ahok di Balai Kota beberapa waktu lalu.

Ahok telah menghitung bahwa untuk membangun 1 unit rumah susun itu bisa seharga Rp 200 juta-250 juta. Namun Ahok tak akan menjualnya melainkan menyewakannya alias dengan skema Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa)

Meski berjudul sewa, sambung Ahok, sebenarnya masyarakat yang menghuni rusun hanya akan dibebankan biaya sebesar Rp 5 ribu- Rp 15 ribu/hari saja. Biaya itu dibayarkan untuk biaya pemeliharaan dan kebersihan.

"Hanya bayar Rp 5 ribu - Rp 15 ribu," tegas dia.

Selain itu, dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat berpenghasilan rendah yang berkisar Rp 3 juta ke bawah, penghuni rusun akan diberikan fasilitas penunjang dari mulai transportasi Trans Jakarta gratis hingga layanan kesehatan.

"Kami mau buat satu model yang kami subsidi habis, (subsidi diberikan) 80% lebih. Di situ anaknya (anak penghuni rusun) dapat KJP (Kartu Jakarta Pintar), naik bus gratis, ada dokter macam-macam," tutur Ahok.

Dengan cara ini, gaji atau upah penghuni rusun bisa dihemat sangat besar, sehingga nantinya mereka bisa membeli rumah yang lebih layak dengan kemampuannya sendiri. (dna/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed