Follow detikFinance
Jumat 24 Feb 2017, 17:20 WIB

Lahan Jadi Hambatan Pengembang Bangun Rumah Murah di Jakarta

Muhammad Idris - detikFinance
Lahan Jadi Hambatan Pengembang Bangun Rumah Murah di Jakarta Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Penyediaan hunian tak lepas dari ketersediaan lahan di satu kawasan. Lahan yang terbatas dan harganya mahal jadi pemicu paling mendasar yang menyebabkan harga hunian melambung tinggi. Kondisi tersebut dialami Ibu Kota Negara RI, DKI Jakarta.

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah mengatakan dengan kondisi demikian, sulit bagi pengembang untuk melakukan pembangunan hunian dengan harga yang murah.

"Kalau tanah kosong untuk hunian MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) di Jakarta jelas sudah tidak ada, tidak mungkin masih ada. Mungkin iya, kalau di pinggir-pinggir, tapi kalau secara harga untuk MBR sudah enggak ada lagi. Cari tanah saja sudah susah," kata dia dihubungi detikFinance, Jumat (24/2/2017).

Namun ia punya solusi, rumah murah bisa disediakan bila masalah ketersediaan lahan dijamin pemerintah. Pengembang tak perlu memikirkan pembelian tanah, cukup menyediakan invstasi untuk melakukan pembangunan.

Dengan cara ini, baru hunian murah yang terjangkau bisa disediakan.

"Kita pengembang bisa saja bangun buat masyarakat MBR di Jakarta, tapi dengan catatan harus disediakan oleh pemerintah lahannya. Kalau lahan disediakan oleh pengembang sendiri, ya enggak mungkin di Jakarta. Lahan harus disediakan kalau itu di Jakarta," tutur dia. (dna/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed