Harga Rumah Termurah di Jakarta Rp 500 Juta, Berapa Cicilannya?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 29 Mar 2017 15:31 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Harga rumah di berbagai wilayah di Indonesia akan semakin tinggi seiring dengan semakin masifnya pembangunan infrastruktur, terutama di wilayah Jakarta. Harga rumah di Jakarta paling murah saat ini diyakini adalah sekitar Rp 500 hingga Rp 700 juta. Rumah tersebut hadir dalam bentuk vertikal atau apartemen, lantaran tidak mungkin lagi ditemukan pembangunan rumah oleh developer dengan tipe landed di Jakarta.

Dengan asumsi harga rumah termurah Rp 500 juta, maka pembeli harus membayar DP 15% dari harga rumah, sesuai ketentuan Loan to Value (LTV) yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI).

"Berarti kalau 15% dari 500 juta, minimum DP nya Rp 75 juta yang harus disediakan. Berarti bank akan menyediakan pembiayaan sebesar Rp 425 juta. Jumlah inilah yang kemudian harus dicicil," ujar Head of Marketing Rumah.com, Ike Noorhayati Hamdan saat ditemui di Qubicle Center Senopati, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Jangka waktu cicilannya selama berapa lama dan berapa kemampuannya sendiri disesuaikan dengan jumlah penghasilan dari si pembeli. Jumlah cicilan yang disetujui oleh bank sendiri adalah 1/3 dari penghasilan bulanannya. Sehingga, apabila penghasilan masyarakat non MBR adalah Rp 4,5 juta, maka cicilannya adalah sebesar Rp 1,5 juta per bulan, ditambah bunga dari KPR nya.

"Jadi kalau harga rumah Rp 500 juta, berarti cicilan ke bank Rp 425 juta, DP nya Rp 75 juta, cicilannya berdasarkan penghasilannya, ditambah bunga, barulah dapat berapa tahun dia bisa cicil. Di situlah dia keluar hitungannya," tukasnya.



(dna/dna)