Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 11:35 WIB

Kapan Program DP 0 Rupiah Direalisasikan?

Noval Dhwinuari Antony - detikFinance
Kapan Program DP 0 Rupiah Direalisasikan? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Harapan warga DKI Jakarta untuk memiliki rumah sendiri di ibu kota semakin dekat untuk terealisasi.

Ditandai, dengan terpilihnya pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta versi hitung cepat, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang punya programnya DP Nol Rupiah.

Kapan program ini direalisasikan?

Sandiaga Uno saat ditemui di Jalan Kenanga No 50 A, Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2017) pekan lalu, menuturkan bahwa di tahun awal pihaknya bakal lebih dahulu membuat payung hukum.

Payung hukum yang dimaksud adalah pmbuatan Peraturan Daerah (Perda) agar program ini tidak bermasalah secara hukum di masa depan. Ia memprediksi, butuh waktu kurang lebih satu tahun untuk menyusun Perda ini bersama DPRD DKI Jakarta.

"Jadi target awal, karena kita enggak bisa masuk membangun secara masif, target awal kita di tahun pertama tentunya kita harus berbicara sama DPRD karena payung hukumnya harus ada dulu, yaitu Perda. Perda ini yang nanti akan memberikan ruang bagi kita menghadirkan program yang selama ini dirindukan rakyat, rumah dengan DP nol rupiah," kata Sandiaga.

Pembahasan dengan DPRD sangat diperlukan mengingat untuk menjalankan program ini, ada keterlibatan anggaran daerah untuk mendanai talangan uang muka Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sehingga warga DKI bisa menikmati DP Nol Rupiah seperti yang dijanjikan.

Bila program ini bisa dijalankan dengan konsisten, Sandi meyakini, Pemprov DKI bisa mengurangi permasalahan kepemilikan rumah hingga 80% dari jumlah kebutuhan rumah.

Dengan perhitungan kebutuhan kepemilikan hunian di DKI Jakarta mencapai 300.000, maka Program DP Nol Rupiah diharapkan bisa menyediakan hingga 240.000 hunian.

"Rumah dengan DP nol rupiah ini targetnya mengurangi backlog dari antrean untuk mendapatkan hunian murah ini yang jumlahnya lebih dari 300.000. Target kita bisa berkurang 80% selama 5 tahun," tandas dia. (dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed