Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 20:36 WIB

Bangun Rumah DP Rp 0, Anies-Sandi Anggarkan Rp 2,5 T di Tahun Pertama

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
Bangun Rumah DP Rp 0, Anies-Sandi Anggarkan Rp 2,5 T di Tahun Pertama Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mengaku siap merealisasikan program perumahan dengan uang muka atau down payment (DP) Rp 0. Pasangan ini akan menganggarkan Rp 2,5-3 triliun pada tahun pertama.

"Kalau dibagi lima tahun, tahun pertama target kita antara Rp 2,5 sampai 3 trilun yang dibutuhkan. Ini yang harus dikumunikasikan dengan baik," kata Sandiaga, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).

Sandiaga mengaku akan segera berkomunikasi dengan DPRD untuk membahas anggaran program tersebut. Ia juga sudah berdiskusi dengan berbagai pihak untuk segera merealisasikan programnya.

"Tahun pertama kita melihat tentu setelah berbicara dengan DPRD sebagai pemegang anggaran bahwa harapan kita bisa kurangi backlog (kekurangan pasokan rumah) lebih dari 300 ribu hunian yang dibutuhkan sebanyak 80 persen. Selalu kita andalkan komunikasi dan sekarang waktu sudah lebih longgar. Kami bisa duduk dengan dewan pakar untuk formulasikan apa yang diperlukan," kata Sandiaga.

Sandiaga juga telah mempersiapkan diri untuk membahas payung hukum dari program tersebut. Ia mengatakan telah menemukan referensi untuk membangun perumahan dengan DP Rp 0.

"Yang sudah mulai memikirkan karena yang terpenting kayak yang paling gampang rumah dengan DP Rp 0 kan perlu Perda jadi perlu mulai dibicarakan dengan teman di Dewan ini pasti akan masuk ke anggaran berikutnya. (Tanah) Sudah teridentifikasi dan akan segera difinalkan begitu kita dekat. Kita nggak mau munculkan spekulasi," katanya. (fdu/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed