Konsultasi Properti

img_list
Rumahku.com fb: Rumahku.FansPage twitter: @rumahku Instagram: @rumahkucom Portal Properti No.1
Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 06:47 WIB

Bingung Jual Properti, Baca Tips Ini

Rumahku - detikFinance
Bingung Jual Properti, Baca Tips Ini Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pertanyaan: Salam kenal, mau tanya bagaimana sih caranya jual properti? Apakah kita melamar ke pengembang?

Salam
Romianto

Jawaban:
Halo Bu Romianti, sangat menarik, pertanyaan Ibu dan senang mengetahui Ibu ingin mencoba pengalaman baru dalam bisnis properti. Untuk menjual properti dari developer Ibu dapat melakukan 2 cara:

1. Menjadi marketing internal developer tersebut, cara menjadi marketing internal developer adalah:
a. Ibu Romianti harus melamar pekerjaan kepada developer tersebut.
b. Mengikuti proses perekrutan karyawan developer yang bersangkutan. Bila ibu memiliki pengalaman berjual-beli properti atau berpengalaman menjadi agen properti akan membantu Anda dalam proses perekrutan ini.

2. Menjadi Agen/Broker penjualan properti dari developer tersebut, caranya:
a. Anda bisa langsung bertemu sales manager atau Direktur Marketing developer tersebut dan mendaftar untuk menjadi broker/agen penjualan. Atau Ibu bisa datang pada saat developer tersebut mengadakan product knowledge atau agen gathering. Pada saat mendaftar menjadi agen atau broker biasanya juga disepakati jumlah komisi yang didapatkan agen atau broker bila unit terjual serta bonus-bonus bila menjual dengan jumlah tertentu.
b. Memesan unit-unit rumah yang ingin Anda pasarkan. Beberapa developer menerapkan system Nomor Urut Pemesanan (NUP), dan Anda harus menyediakan dana untuk membeli NUP tersebut, NUP biasanya dikeluarkan oleh Developer yang telah memiliki nama dan proyek-proyeknya berpotensi mudah terjual, Biasanya NUP memiliki jangka waktu tertentu misalnya dalam hitungan minggu atau bulan untuk segera diberikan down payment (DP) atau terjual. Bila jangka waktu tersebut habis dan rumah belum terjual dana tersebut bisa hangus atau bisa juga dikembalikan oleh developer (tergantung kesepakatan).
c. Bila Ibu telah memiliki unit-unit rumah yang akan Anda pasarkan, Ibu sebaiknya meminta dilibatkan dalam aktivitas promo developer tersebut, seperti Aktivitas pameran
d. Promosikan rumah yang Ibu pasarkan, ada 2 cara, promosi yaitu :
- Promo tidak berbayar: melalui media sosial (Facebook, Instagram,Linkind dan lain-lain), mail blast, Whatsapp blast, sms blast. Beberapa portal properti menyediakan pemasangan iklan jual rumah secara gratis dapat Anda manfaatkan secara maksimal.
- Promo berbayar: pemasangan iklan di media cetak, untuk respons yang lebih cepat biasanya menggunakan media cetak harian lokal. Pemasangan iklan di portal properti yang berbayar juga sangat membantu penjualan rumah yang Anda pasarkan.

Selamat mencoba & Happy Selling.
Salam, Rumahku.com (wdl/wdl)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed