Follow detikFinance
Selasa 02 May 2017, 17:40 WIB

Menyusuri Keberadaan Rumah Murah di Depok yang Akan Diresmikan Jokowi

Fadhly F Rachman - detikFinance
Menyusuri Keberadaan Rumah Murah di Depok yang Akan Diresmikan Jokowi Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Depok - Presiden Joko Widodo berencana untuk kembali meresmikan hunian murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah perbatasan Depok dengan Bogor, Jawa Barat. Hunian berbentuk rumah tapak itu dibanderol dengan harga Rp 141 juta.

Penasaran dengan hunian tersebut, detikFinance pun mencari dan menyusuri lokasi perumahan yang dinamakan 'Green Citayam City' itu, Selasa (2/5/2017).

Perjalanan dimulai dari wilayah Jakarta Selatan, tepatnya kawasan Senayan menuju ke kawasan Citayam, Depok, Jawa Barat, dengan menggunakan sepeda motor. Pencarian dilakukan berdasarkan rujukan GPS, dengan melalui rute Ciputat-Sawangan.


Dibutuhkan waktu setidaknya sekitar dua jam perjalanan hingga sampai ke lokasi, dengan kondisi lalu lintas yang tak begitu macet, ditambah kecepatan kendaraan rata-rata di atas 60 km/jam.

Agar bisa sampai ke sana, jalanan kecil perlu dilewati. Walau sudah di aspal, tapi akses jalan saat masuk ke wilayah Citayam tidak terlalu bagus. Masih ada beberapa ruas jalan yang hancur dan berantakan.

Saat hujan, jalan-jalan yang rusak itu bakal menjadi genangan air yang cukup besar. Lalu lintas juga tak begitu banyak dilalui kendaraan saat memasuki kawasan Citayam. Tapi, di sana telah tersedia angkutan umum rute Citayam-Parung.

Sejumlah pengembang banyak melakukan pembangunan di Kawasan Citayam. Itu karena masih banyak lahan-lahan kosong tersedia di sana. Selama perjalanan menuju lokasi, di Citayam banyak ditemui cluster-cluster baru yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 400 juta, bahkan dengan nama perumahan yang mirip.

Begitu tiba di lokasi yang dimaksud, pembangunan masih terus dikerjakan. Para pekerja dan alat berat masih beroperasi di sana. Saat ini, ratusan hingga ribuan unit rumah telah berdiri. Di sana pengembang juga tengah melakukan pembangunan sejumlah ruko sebagai akses pendukung.

Gerbang besar untuk memasuki komplek perumahan juga telah disiapkan oleh pengembang, lengkap dengan pos penjaga keamanan yang berdiri di tengahnya.

Selain itu, lokasi rumah 'Green Citayam City' berada tepat di pinggir jalan Raga Jaya, yang telah dilewati angkutan kota. Tak jauh dari perumahan, sekitar kurang lebih tiga sampai lima kilometer terdapat stasiun kereta api Citayam.

"Sekarang kita masih terus melakukan pembangunan. Nanti rencananya Presiden Jokowi mau datang ke sini untuk meresmikan," ungkap salah seorang marketing kepada detikFinance di lokasi. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed