Follow detikFinance
Sabtu 20 May 2017, 18:35 WIB

Beli Rumah Rp 1,1 M di Summarecon Bekasi, Berapa Cicilannya?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Beli Rumah Rp 1,1 M di Summarecon Bekasi, Berapa Cicilannya? Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Bekasi - Rumah seharga mulai Rp 1,1 miliar atau tepatnya Rp 1.076.900.000 yang baru dipasarkan di kawasan Sumarecon Bekasi laris dibeli. PT Summarecon Tbk selaku pihak pengembang sendiri menawarkan hunian itu dengan pembayaran uang muka atau DP minimal 20%.

Lantas berapa cicilannya?

Salah seorang staf marketing menjelaskan ada beberapa jenis skema pembayaran untuk pembelian rumah tersebut. Untuk harga Rp 1.076.900.000 harus dibeli dengan cara cash keras.

Selain itu, pembeli juga bisa melakukan pembayaran melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan sejumlah bank yang bekerja sama dengan pengembang. Pengajuan KPR diharuskan membayar minimal DP sebesar 20%, atau sekitar Rp 200 juta.

Tenor KPR sendiri maksimal 20 tahun. Bila mengacu dengan hitungan teringan, yakni DP 20% dan tenor 20 tahun, secara kasar cicilan yang harus dibayar setiap bulan oleh pembeli ialah lebih dari Rp 6 juta dengan mengikuti acuan suku bunga yang berlaku.

"Kalau cicilan 20 tahun dan DP 20%, cicilannya itu kurang lebih di Rp 6 juta lebih," ungkapnya saat berbincang dengan detikFinance saat melakukan peluncuran cluster tahap pertama Burgundy Residence di Bekasi, Sabtu (20/5/2017).

Dengan hitungan itu, paling tidak penghasilan yang harus dimiliki secara kasar sekitar Rp 20 juta setiap bulannya agar KPR dapat disetujui. Nilai cicilan haruslah 30% dari jumlah penghasilan.

"Iya kurang lebih sebesar itu (penghasilannya)," tambah dia.

Selain itu ada sejumlah persyaratan lain dalam mengajukan KPR antara lain seperti, KTP, KK, rekening tiga bulan terakhir, lampiran surat keterangan kerja, hingga lolos dari proses BI Checking. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed