Follow detikFinance
Senin 22 May 2017, 07:00 WIB

Setelah Bekasi, Rumah Murah Jokowi Bakal Bermunculan di Kota Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Setelah Bekasi, Rumah Murah Jokowi Bakal Bermunculan di Kota Ini Foto: Eduardo Simorangkir
Sukabumi - Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan rumah murah khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah Cikarang. Setelah laris terjual, pemerintah kini telah menyiapkan peluncuran rumah murah di kota-kota lainnya.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), Maryono, mengatakan pihaknya selaku penyedia kredit untuk program tersebut, sudah memiliki catatan lokasi kota yang bakal kehadiran rumah murah nantinya. Bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya, tapi juga menyebar ke pulau-pulau lainnya.

"Kami sudah memetakan selain di Depok ada di Balikpapan, Semarang, Bandung, Makassar, ya beberapa daerah lah," tuturnya di Sukabumi, Minggu (21/5/2017).

Menurutnya, rumah murah Jokowi sangat diminati masyarakat. Hanya dengan uang Rp 112 juta-Rp 141 juta, masyarakat bisa memiliki rumah sederhana dengan tipe 25/60. Untuk akses KPR masyarakat juga hanya perlu membayar uang muka (DP) 1%.

"Ini artinya pelaksanaan rumah subsidi sudah berjalan. Apalagi ini baru semester satu, biasanya semester satu masih melambat," imbuh Maryono.

Rumah murah di beberapa wilayah yang disebutkan Maryono itu sebagian sudah rampung terbangun, dan sebagian besar dalam tahap pembangunan. "Kalau bangun sudah dari beberapa tahun lalu. Ini kami panen, mendekati jadi," tambahnya.

Untuk tipe rumah yang dibangun juga hampir seragam dengan rumah murah di Cikarang. Untuk harga, kata Maryono, relatif sama namun tergantung harga tanah di daerah masing-masing. Peruntukannya juga sama yakni untuk MBR, baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun swasta.

"Peminat rumah MBR banyak banget, selama ini dia sewa atau tinggal sama keluarganya. Daripada dia sewa Rp 500 ribu per bulan, lebih baik beli dia cicil Rp 700 ribu per bulan," tandasnya. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed