Konsultasi Properti

img_list
Rumahku.com fb: Rumahku.FansPage twitter: @rumahku Instagram: @rumahkucom Portal Properti No.1
Follow detikFinance
Kamis 01 Jun 2017, 03:31 WIB

Punya Tanah Dekat Kampus, Bangun Kos-kosan Atau Beli Rumah Baru?

Rumahku - detikFinance
Punya Tanah Dekat Kampus, Bangun Kos-kosan Atau Beli Rumah Baru? Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pertanyaan:
Saya mempunyai tanah yang sudah lunas dekat Universitas Islam Negeri Pekanbaru seluas 300 m2, saat ini ada rencana untuk investasi lagi di perumahan di Bandung, seharga Rp 1,3 miliar dengan KPR Rp 900 juta selama 15 tahun. Mohon masukan apakah lebih baik membangun kos-kosan atau saya lanjut dengan membeli rumah dengan KPR.

Terima Kasih
Rio

Jawaban:
Halo Pak Rio,

Selamat Anda telah memiliki investasi tanah dengan lokasi strategis dan cukup luas. Untuk pengembangan investasi properti Anda, apakah membangun kos-kosan pada investasi properti yang telah dimiliki atau membeli properti di lokasi baru, berikut hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Akses Anda terhadap kedua properti tersebut, kemudahan untuk memantau kedua properti tersebut perlu Anda perhatikan, apakah Anda memiliki saudara, atau orang kepercayaan yang dapat merawat & menjaga properti tersebut. Karena banyak kasus properti/lahan yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya dimanfaatkan dan dikuasai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Pertimbangan bisnis Investasi:
a. Kos-kosan di sekitar Universitas Islam Negeri:
- Secara potensi pasar penyewaan kos-kosan dengan area ini tentu akan lebih potensial
- Harga sewa kamar, umumnya untuk penyewa mahasiswa harganya lebih rendah dibanding dengan menyewakan pada karyawan
- Biaya perawatan relatif lebih tinggi, penyewa kamar kos biasanya tinggal menempati saja jadi Anda harus menyediakan lemari dan tempat tidur, pembayaran langganan listrik dan air, serta bila ada kerusakan Anda harus melakukan perbaikan sendiri.
b. Perumahan di Bandung:
- Potensi penyewaan rumah di Bandung sangat besar, banyak perusahaan yang memiliki pimpinan cabang atau pejabat lain yang sering berpindah-pindah, sehingga memerlukan tempat tinggal untuk disewa
- Rumah dengan spesifikasi yang Anda miliki dan lokasi di Bandung tentu berpotensi dapat disewakan dengan harga tinggi yang sesuai dengan harga pasar di area tersebut
- Biaya perawatan relatif lebih rendah, biaya listrik, air biasanya ditanggung oleh penyewa dan penyewa rumah tangga atau keluarga biasanya lebih peduli dengan tempat tinggal, serta mau merawat rumah yang disewa tersebut, jadi risiko perbaikan lebih kecil

3. Kemudahan pengajuan kredit pembiayaan Pembelian rumah dan pembangunan kos-kosan.
a. Kredit pembiayaan pembanguan kos-kosan, biasanya menggunakan kredit usaha, jangka waktu kredit biasanya lebih pendek dari pada KPR, sehingga jumlah cicilan perbulannya akan lebih besar. namun pinjaman akan lebih cepat lunas, sehingga biaya bunga akan relatif lebih rendah.
b. Kredit pembelian rumah dapat dilakukan secara KPR, jangka waktu dan bunga KPR relatif lebih ringan namun karena jangka panjang, sehingga secara total biaya bunga juga akan relatif lebih tinggi.

Demikian hal-hal yang dapat Bapak Rio pertimbangan untuk memilih membangun kos-kosan di Pekanbaru atau membeli rumah di Bandung. Semoga dapat membantu.

Rumahku.com (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed