Follow detikFinance
Kamis 08 Jun 2017, 14:01 WIB

Bangun Rusun Dekat Stasiun, RI Bisa Contek China dan Hong Kong

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Bangun Rusun Dekat Stasiun, RI Bisa Contek China dan Hong Kong Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom
Jakarta - Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) akan mulai membangun hunian berkonsep Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami). Hunian ini rencananya dibangun di Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Pondok Cina bulan ini.

Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengungkapkan bahwa ini langkah awal Indonesia dalam membangun hunian dekat dengan akses transportasi. Sebelumnya, tempat tinggal dekat stasiun kereta api sudah lazim ditemukan di beberapa negara Asia seperti China dan Hong Kong.

"Sudah banyak, di Hong Kong, Taiwan, China begitu mereka," ujar Djoko saat berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Pembangunan hunian dekat dengan sarana transportasi umum banyak dilakukan di negara yang jumlah penduduknya banyak. Selain itu, hunian dengan konsep TOD juga menjadi solusi atas penyediaan tempat tinggal yang terjangkau bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

"Kalau Asia kan padat ya, kalau kita kan punya menengah ke bawah," tutur Djoko.

Pembangunan rusunami dekat stasiun juga sebagai langkah memanfaatkan lahan yang semakin langka di kota besar seperti Jakarta. Dengan dibangunnnya rusunami dengan konsep TOD juga bisa membuat pusat ekonomi baru dengan adanya pusat pertokoan.

"Semuanya masuk, lahannya terbatas, meminimalkan juga dan memurahkan biaya transportasi. TOD di tengah kota juga di situ pusat bisnis. Kalau pusat bisnis terjadi perputaran uang dan bisa digunakan subsidi untuk angkutan umum," tutup Djoko. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed