Follow detikFinance
Kamis 27 Jul 2017, 11:53 WIB

Meski Murah, Perumahan DP 1% di Cikarang Punya Lapangan Futsal

Danang Sugianto - detikFinance
Meski Murah, Perumahan DP 1% di Cikarang Punya Lapangan Futsal Foto: Danang Sugianto
Cikarang - Pada Mei 2017, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perumahan Villa Kencana Cikarang. Perumahan tersebut merupakan salah satu program hunian bersubsidi khusus MBR dengan uang muka (DP) 1% dan bunga cicilan flat 5%.

Pada saat diresmikan Jokowi, rumah bertipe 25/60 di Villa Kencana Cikarang yang sudah terbangun sebanyak 4.734 unit. Sekitar 3.162 unit saat itu sudah akad kredit, lalu ada 1.222 unit yang dilakukan akad kredit saat peresmian.

Meski Murah, Perumahan DP 1% di Cikarang Punya Lapangan FutsalFoto: Danang Sugianto

Sementara saat itu masih tersedia sekitar 4.365 unit dan ada 4.015 unit baru yang masih tersedia. Tidak butuh waktu yang lama unit yang tersedia itu langsung ludes, meskipun belum akad kredit.

Saat ini sudah ada sekitar 4.000 unit yang sudah lolos seluruh proses, meskipun tidak semuanya sudah dihuni. Kendati begitu, perumahan seluas 105 hekatar (ha) itu sudah ada terlihat ramai.

Meski Murah, Perumahan DP 1% di Cikarang Punya Lapangan FutsalFoto: Danang Sugianto

Meski Villa Kencana Cikarang merupakan perumahan bersubsidi, PT Arrayan Bekasi Development selaku pengembang juga menyediakan fasilitas olah raga yang lokasinya tidak jauh dari gerbang utama perumahan. Fasilitas olah raga itu berupa sebuah lapangan multifungsi beralaskan aspal yang dicat berwarna hijau.

Menurut pantauan detikFinance yang dilakukan Rabu (26/7/2017), lapangan tersebut tengah dipergunakan oleh sejumlah pemuda untuk bermain futsal. Tidak jelas memang peruntukan lapangan tersebut, namun lapangan itu dilengkapi dengan dua buah gawang.

Selain sebuah fasilitas olah raga, Villa Kencana Cikarang juga dilengkapi dengan rumah ibadah yang diberi nama Masjid Arrayan, mirip dengan nama pengembangnya. Masjidnya terlihat cukup besar dan megah, dengan cat berwana hijau.

Meski Murah, Perumahan DP 1% di Cikarang Punya Lapangan FutsalFoto: Danang Sugianto

Perumahan Villa Kencana Cikarang sendiri merupakan perumahan bersubsidi untuk wong cilik yang dibangun bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Rumah yang hanya berisikan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu tanpa ruang dapur itu dibanderol seharga Rp 141 juta.

Dengan uang muka (DP) 1%, pemilik rumah dikenakan bunga cicilan flat 5% hingga lunas. Biaya cicilan perbulannya sekitar Rp 900 ribuan selama 20 tahun. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed