Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 18:39 WIB

Ada Pemda yang Perizinannya Masih Lama, Jokowi: Kuno

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ada Pemda yang Perizinannya Masih Lama, Jokowi: Kuno Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Pemerintah Daerah yang berhasil memberi kemudahan dalam urusan perizinan membangun rumah murah dalam hanya dalam hitungan jam. Menurutnya, dengan era teknologi seperti sekarang, percepatan sangat dibutuhkan termasuk dalam urusan izin membangun rumah.

"Sudah kuno ngurus izin hitungan hari, hitungan minggu lebih kuno, bulan sangat kuno sekali. Sudah enggak zaman sekali," kata Jokowi dalam sambutannya di pameran IPEX di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Menurutnya yang namanya pengurusan izin selalu menjadi momok pengembang dalam membangun rumah di daerah. Hal ini kata dia sudah dirasakannya sejak waktu menjabat menjadi Walikota, bahkan hingga saat ini menjadi Presiden.

"Dulu waktu BKPM urus izin sampai tiga jam itu, harus injak sana injak sini. Baru satu tahun bisa. Ternyata enggak gampang. Oleh sebab itu saya menghargai sekali apa yang dilakukan Gubernur/Walikota dalam mempercepat pembangunan perumahan dengan memberikan izin secepatnya kepada pengusaha dan pengembang properti di kota Provinsi dan Kabupaten," tutur dia.

"Masalah pertama itu perizinan, selalu yang disampaikan ke saya itu perizinan. Urusan ini dari dulu sampai sekarang enggak rampung. Mungkin tadi bisa selesai di Pak Gubernur, Walikota, Bupati yang maju di panggung. Tapi di tempat lain belum selesai. Masalah ini yang harus rampung. Ini masalah klasik yang sering buat jengkel para pengembang properti, karena mereka ingin cepat dan kita mempersulit. Seperti ini yang harus dihilangkan," tukasnya. (eds/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed