Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 19:39 WIB

Urus Izin Bangun Rumah di Daerah Ini Cuma Hitungan Jam

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Urus Izin Bangun Rumah di Daerah Ini Cuma Hitungan Jam Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberi penghargaan kepada daerah yang berhasil mempermudah dan mempersingkat waktu perizinan bagi pengembang yang ingin membangun rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, Pemda dan Provinsi tersebut berhasil mempersingkat waktu mengurus perizinan membangun rumah hanya dalam hitungan jam saja. Bahkan Kota Pontianak kata dia berhasil mengurus perizinan hanya dalam waktu 6,5 jam saja.

"Kami laporkan bahwa pada kesempatan yang baik ini, kami memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah berkontribusi secara signifikan dalam kemudahan layanan perizinan dalam pembangunan rumah untuk MBR di daerah dalam rangka program satu juta rumah. Di Pontianak, izin SKRK untuk membangun rumah dapat diperoleh dalam waktu 6,5 jam," katanya dalam laporan kepada Presiden di pameran IPEX di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Daerah yang dimaksud adalah Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat. Di pemerintah Kabupaten ada Kabupaten Maros, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Malang, serta Pemerintah Kota Jambi, Pontianak dan Pemerintah Kota Manado.

Jokowi sendiri mengapresiasi hal tersebut dan berharap hal ini dapat diimplementasikan oleh daerah lainnya juga.

"Saya dibisiki menteri PU, daerah juga sudah melakukan hal yang sama hanya 6,5 jam. Ini perlu kita apresiasi. Sudah kuno ngurus izin hitungan hari, minggu lebih kuno, bulan sangat kuno sekali. Sudah enggak zaman sekali," tukas Jokowi. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed