Follow detikFinance
Minggu 13 Aug 2017, 12:05 WIB

BNI Bedah 46 Rumah Veteran di Yogyakarta

Edzan Raharjo - detikFinance
BNI Bedah 46 Rumah Veteran di Yogyakarta Foto: dok. BNI
Yogyakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengadakan kegiatan Bedah Rumah Veteran. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program BUMN Untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMN Republik Indonesia.

BNI ditunjuk oleh Kementerian BUMN menjadi penanggung jawab pelaksanaan program ini di Daerah Istimewa Yogyakarta bersama PT Primissima.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto mengatakan Program Bedah Rumah Veteran merupakan salah satu rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72.

Program Bedah Rumah Veteran juga merupakan bentuk penghargaan terhadap jerih payah para pejuang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Kita sadari kemerdekaan ini semua tidak terlepas dari upaya keringat bahkan darah dari veteran Indonesia yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan RI, di Yogyakarta kita lakukan bedah rumah veteran sebanyak 46 rumah. Program ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan sudah memasuki tahun ketiga," tambah Catur seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (13/8/2017).

BNI sudah menyelesaikan 10 dari 46 rumah yang dapat bantuan program Bedah Rumah Veteran di Yogyakarta. Selain di Yogyakarta, BNI juga akan melakukan program Bedah Rumah di Provinsi Jawa Barat dengan jumlah sebanyak 97 rumah.

Dalam pelaksanaannya, BNI bekerja sama dengan ZENI TNI Angkatan Darat. Program Bedah Rumah Veteran ini merupakan satu dari empat Program BUMN Hadir untuk Negeri untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Tiga program lainnya adalah Jalan Sehat, Siswa Mengenal Nusantara dan Upacara Bendera.

Tangis Haru Veteran
Salah satu veteran penerima bantuan, Pak Dalijan mengaku sangat bersyukur mendapat bantuan Bedah Rumah dari BNI. Veteran yang pernah berjuang di Trikora dan penumpasan Gerakan 30 September/PKI ini menghaturkan banyak terima kasih kepada BNI yang telah memberikan bantuan.

"Saya terharu luar biasa dan saya mengucapkan beribu terima kasih kepada BNI atas bantuan yang diberikan. Alhamdulillah dibantu oleh BNI dan TNI sehingga rumah saya sudah berubah luar biasa," ujar Pak Dalijan.

Pak Dalijan tinggal di rumah itu sejak Tahun 1970-an kemudian runtuh diguncang gempa Yogyakarta Tahun 2006 silam. Pemerintah kemudian memberikan bantuan sebesar Rp 15 juta untuk pak Dalijan dan dipakai membangun rumah berukuran 5x6 meter.

"Sekarang rumah saya sudah dibenahi oleh BNI, saya sangat gembira sekali. Alhamdulillah sekarang rumah saya lebih lebar, lebih luas, lebih bersih dan kuat. Saya harap ke depan lebih banyak lagi yang dibantu," tambahnya.

Veteran yang berusia 78 tahun itu tinggal dengan istrinya di Jalan Mergangsan MG III-787, RT46/12, DI Yogyakarta. Mereka dikaruniai 4 orang anak yang sudah tinggal di rumahnya masing-masing.

Pak Dalijan pernah berjuang di Trikora pada 1962-1963, bertugas di Sorong pada tahun 1964-1965, dan juga menumpas pemberontakan G-30S/PKI. Tahun 1971, Pak Dalijan bertugas di Batalion 5 Para sebelum akhirnya pensiun pada tahun 1988 dengan pangkat Sersan Mayor. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed