Follow detikFinance
Minggu 20 Aug 2017, 14:15 WIB

Jokowi Akan Bagikan 7 Juta Sertifikat Tanah di 2018

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jokowi Akan Bagikan 7 Juta Sertifikat Tanah di 2018 Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah (Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membagikan 7 juta sertifikat tanah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Di tahun ini ditargetkan 5 juta sertifkat tanah diterbitkan dan di 2019 mendatang ada 9 juta sertifikat tanah yang akan diterbitkan.

"Tahun ini 5 juta sertifikat ke seluruh Indonesia, tahun depan 7 juta sertifikat harus keluar. Tahun depannya lagi (2019) 9 juta sertifikat," kata Jokowi saat memberikan 7.500 sertifikat tanah kepada warga Jabodetabek di Lapangan Park and Ride Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017).

Sampai akhir 2016, kata Jokowi, dari 126 juta bidang lahan di Indonesia baru 46 juta bidang lahan yang sudah bersertifikat. Sedangkan sisanya 80 juta bidang lahan belum memiliki sertifkat.

"Sampai akhir 2016 baru 46 juta bisa diberikan (sertifikat), dari 126 juta baru bisa diberikan 46 juta. Artinya masih ada 80 juta sertifikat harus diberikan pemerintah kepada masyarakat," ujar Jokowi.

Dengan diberikan sertifikat tanah, Jokowi mengatakan, akan mengurangi konflik lahan. Sehingga terbukti secara jelas siapa pemilik tanah sebenarnya sesuai dengan sertifikat yang diterbitkan Kementerian ATR.

Jokowi juga meminta kepada Kementerian ATR untuk mempercepat proses sertifikasi tanah masyarakat. Tidak boleh lagi urusan tersebut memakan waktu yang lama dan bertahun- tahun.

"Saya minta seluruh Kanwil Kantor BPN seluruh dipercepat, dipermudah. Enggak boleh sekarang ngurus sertifikat tanah sampai bertahun-tahun. Itu masa lalu, ke depan enggak boleh urusan dipersulit," ujar Jokowi. (ara/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed