Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 21:36 WIB

Pusat Ekonomi Baru di Timur Jakarta Dipantau Pihak Asing

Dana Aditiasari - detikFinance
Pusat Ekonomi Baru di Timur Jakarta Dipantau Pihak Asing Foto: Handy Nursatyo/detikcom
Jakarta - Pesatnya pembangunan sejumlah wilayah di luar Jakarta menjadi sorotan berbagai pihak, di tengah upaya Pemerintah Indonesia menciptakan pusat-pusat ekonomi baru.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah rencana menciptakan pusat ekonomi baru di timur Jakarta, dengan hadirnya sejumlah mega proyek infrastruktur bida transportasi yang saat ini konstruksinya tengah dikebut.

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang melakukan pembangunan enam mega infrastruktur. Di dalamnya termasuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Deep Seaport Patimban, Bandara Internasional Kertajati, Light Train APM, hingga jalan tol Jakarta-Cikampek layang yang menghubungkan semua area industri.

Proyek-proyek tersebut dianggap sebagai sinyal positif keseriusan pemerintah dalam menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru. Perhatian pun datang tak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri.

Sorotan dunia internasional tersebut salah satunya terungkap dari perhatian media asing di Amerika Serikat (AS).

Sorotan media asing tersebut tampaknya tak berlebihan. Pasalnya, kawasan di timur Jakarta meliputi Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Cikarang hingga Karawang, saat ini menampung sedikitnya 5.000 perusahaan lokal, internasional serta 6 taman industri modern.

Di saat yang bersamaan, kawasan ini juga merupakan daerah industri otomotif Indonesia, dengan hasil produksi tahunan sekitar 1 juta mobil, 10 juta sepeda motor.

Munculnya pusat ekonomi baru bisa benar-benar terwujud bila di kawasan tersebut tersedia pusat pemukiman yang terintegrasi. Pemukiman yang terintegrasi dengan kawasan industri dan pusat aktivitas ekonomi bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas para pekerjanya.

Produktivitas bisa dicapai karena para pekerja tidak menghabiskan waktu terlalu lama di tengah kemacetan jalan.

Melihat arah pengembangan tersebut, kehadiran Meikarta sebagai kota baru pusat hunian dianggap sebagai satu jawaban yang melengkapi upaya yang tengah dilakukan pemerintah.

Dengan arah perkembangan saat ini, kota satelit Meikarta tidak hanya akan menjadi pusat bisnis yang berada di sebelah timur Jakarta, tetapi juga akan menjadi pusat aktivitas ekonomi Indonesia.

Meikarta dan area sekitarnya akan menjadi "Boomtown" yang berkedudukan sangat penting di Indonesia, serta lahan investasi yang menjanjikan dengan konsep dan rencana pembangunan paling terdepan, dengan fasilitas penunjang yang paling lengkap, sehingga membawa kehidupan kota yang lebih modern dan praktis.

Media utama dari Eropa dan Amerika melaporkan untuk menjadikan nilai komersial proyek Meikarta ini dapat menarik perhatian global. Meikarta, sebuah kota dipandang berpotensi menjadi Metropolitan baru di Indonesia, pusat komersial masa depan di sebelah timur Jakarta.

Dalam perencanaan, Meikarta mengacu kepada Central Park di New York City Amerika serta Champs Street Prancis serta perencanaan kota-kota besar dunia yang terkenal lainnya, Meikarta berupaya untuk menciptakan kota kelas satu di Indonesia sebagai tujuan perkembangannya, dengan menonjolkan unsur khas masyarakat dan budaya dari kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang akan menjadikan konstruksi daerah tersebut menjadi kota habitat yang terkenal di dunia.

Meikarta akan menyediakan Central Park seluas 100 ha, termasuk mini zoo, danau, hutan, taman bunga, jogging track serta ruang terbuka hijau besar.

Masalah transportasi merupakan trauma bagi masyarakat Indonesia. Proyek Meikarta dengan 4 layer road akan memisahkan jalur pejalan kaki dan jalur mobil yang cepat, teratur dan aman, serta akan menyelesaikan masalah kerisauan berkepanjangan yang terjadi apabila ingin keluar rumah.

Fasilitas kehidupan yang kaya dan kompleks, lingkungan yang nyaman untuk pejalan kaki, jalur dengan grid interkoneksi, serta jaringan pejalan kaki dan ruang publik berkualitas tinggi, menciptakan kestabilan antar manusia serta mendekatkan jarak antar satu sama lain.

Semua kenikmatan bekerja, bergaul, belanja, bersantai, berbudaya, hiburan kehidupan tidak lagi terpisah di beberapa area kota, gaya hidup baru yang penuh dengan keaneka ragaman kehidupan merealisasikan mimpi kota metropolitan setiap orang.

Selain layak dan nyaman untuk dihuni, Meikarta juga akan menciptakan landmark di lokasi sentral berupa hotel, gedung perkantoran serta berbagai jenis gedung besar komersial kompleks, yang akan mengumpulkan masyarakat kota dan menjadikan area pusat kota baru.

Ditambah lagi dengan bidang komersial, bidang layanan, bidang teknologi yang akan hadir nantinya, Meikarta akan menyediakan kesempatan berkarir yang bagus dan juga panggung perkembangan yang sangat berkualitas.

Berdasarkan arah perkembangan saat ini, proyek Meikarta mempunyai potensi untuk menjadi sub-pusat Metropolitan, pusat komersial di sebelah timur Jakarta.

Meikarta di masa depan, di mana shopping area-nya akan melebihi Dubai, di mana financial center-nya akan melebihi akan melebihi Manhattan, di mana perdagangan logam mulia akan melebihi London. Meikarta juga akan menjadi pusat pendidikan dan teknologi masa depan.

Meikarta dengan fasilitas pendukung dan sumber daya publik yang lengkap dan terpadu tidak hanya merupakan kawasan layak huni, tetapi juga basis karir yang kaya dengan kesempatan pekerjaan dengan titik hangat dan apresiasi besar untuk investasi. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed