Follow detikFinance
Kamis 14 Sep 2017, 15:31 WIB

REI Targetkan Bangun 200 Ribu Rumah Murah Tahun ini

Fadhly F Rachman - detikFinance
REI Targetkan Bangun 200 Ribu Rumah Murah Tahun ini Foto: Agung Pambudhy
Tangerang - Program sejuta rumah murah dari pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus dilakukan. Tak hanya pemerintah, pihak swasta pun turut membantu merealisasikan program rumah untuk masyrakat berpenghasilan rendah (MBR) tersebut.

Ketua UMUN DPP Real Estate Indonesia (REI), Soelaeman Soemawinata, mengungkapkan tahun ini REI menargetkan untuk membangun hunian MBR sebanyak 200 ribu unit. Hingga Juli lalu, realisasinya telah mencapai 108 ribu unit.

"MBR 200 ribu tahun ini. Untuk sekarang saja kan per Juli kemarin sudah 108 ribu unit," kata Soelaeman di Pameran Properti REI Expo 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (14/9/2017).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Eman itu menjelaskan selama ini terdapat sejumlah hambatan dalam melakukan pembangunan rumah MBR. Selain soal perizinan, masalah infrastruktur pendukung juga kerap dihadapi.

"Hambatannya kalau perizinan sudah jelas, di daerah itu pengembangnya swasta menengah kecil. Kadang-kadang mereka memiliki keterbatasan modal, jadi kita mendorong untuk menggenjot pengembang besar dan pengembang kecil di daerah saling membantu," terangnya.

"Hambatan lain ketersediaan infrastruktur listrik, air. Kita akan membuat rumah sebaik mungkin dalam konteks membangun fisiknya. Kalau airnya enggak sampai got, kulitasnya jelek, itu kan salah kita. Tapi kalau menyangkut domain lain kita enggak bisa kontrol," terangnya.

Walau demikian, dirinya meyakini, target pembangunan rumah MBR yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia tersebut dapat terpenuhi hingga akhir tahun ini.

"Nah banyak sekali harus kita data terus. Insya Allah tercapai," terangnya. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed