Follow detikFinance
Selasa 03 Oct 2017, 13:42 WIB

Tak Dihuni Karena Tak Layak, Kualitas Rumah Subsidi Bakal Ditingkatkan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tak Dihuni Karena Tak Layak, Kualitas Rumah Subsidi Bakal Ditingkatkan Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Pemerintah tengah menyiapkan standar layak huni rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal itu dilakukan dengan merevisi Kepmen Kimpraswil Nomor 403 Tahun 2002 yang mengatur pedoman umum membangun rumah sederhana sehat.

Kriteria standar layak huni tersebut sedang dibahas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama bank penyalur subsidi, dan pengembang.

"Kalau yang Kepmen 403 Kimpraswil Tahun 2002, di situ ada berbagai desain dan teknologi konstruksi untuk bangunan rumah sejahtera. Kepmen itu sekarang sedang direview. Jadi akan menampung juga teknologi konstruksi yang baru. Untuk pembangunan rumah tumbuh, acuannya ada di dalam Kepmen tersebut," kata Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Lana Winayanti beberapa waktu lalu seperti ditulis di Jakarta, Selasa (3/10/2017).


Beberapa standar rumah subsidi yang jadi prioritas adalah kualitas fisik rumah dan penyediaan infrastruktur dasar seperti air dan listrik. Hal ini diketahui selama ini menjadi penyebab banyak rumah subsidi yang sudah disalurkan, tapi tak dihuni oleh pemiliknya.

"Yang berubah lebih kepada, rasa nyaman seperti berfungsinya PSU, adanya plafon, dinding diplester, lantainya tidak beton kasar tapi sudah lebih licin, dan syukur-syukur bisa keramik. Jadi rumah yang dibangun ke depan itu tidak hanya sekedar jadi fisik, handal secara keselamatan dan keamanan tapi juga ada rasa nyaman menempati rumah tersebut," kata Dirjen Penyediaan Perumahan, Sjarief Burhanuddin dalam kesempatan berbeda.


Diharapkan proses review dan revisi Kepmen Kimpraswil Nomor 403 Tahun 2002 ini bisa segera rampung tahun ini sehingga bisa diimplementasikan dalam waktu dekat.

Selain itu, Kementerian PUPR nantinya juga akan memberikan bantuan Prasarana dan Sarana Umum (PSU) seperti jalan lingkungan, jaringan air minum dan drainase untuk mendukung kelayakan hunian tersebut. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed