Follow detikFinance
Selasa 10 Oct 2017, 15:35 WIB

Beli Rusun di Stasiun Senen Dapat 'Hadiah' Kereta

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Beli Rusun di Stasiun Senen Dapat Hadiah Kereta Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui anak usahanya, PT Wika Gedung, bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengembangkan hunian bertikal dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Senen.

Di atas lahan 8.560 meter persegi milik KAI, Wika Gedung membangun 480 unit rusun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 882 unit apartemen untuk masyarakat menengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, dengan dibangunnya hunian vertikal ini masyarakat berpenghasilan rendah bisa memiliki hunian yang layak di tengah kota. Dengan membeli hunian TOD di Stasiun Senen, masyarakat bisa mendapatkan 'hadiah' kereta.

'Hadiah' kereta yang dimaksud oleh Basuki adalah kemudahan akses transportasi menggunakan commuter line yang sangat dekat dari tempat tinggal.

"Hari ini kita datang groundbreaking ceremony. BUMN hadir untuk negeri bangun TOD bukan pertama kali bahkan sudah ketiga kali. Rakyat bisa beli apartemen dapat kereta api," kata Basuki di proyek TOD Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Dengan dibangunnya hunian di Stasiun Senen juga menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mengatasi kekurangan tempat tinggal di ibu kota. Kehadiran TOD juga diharapkan bisa menyediakan hunian layak bagi masyarakat Jakarta.

"Untuk melayani ketersediaan hunian bagi masyarakat urban terutama yang membutuhkan sesuai data backlog yang kita punyai," tutur Basuki.

Dengan tinggal di hunian TOD juga memudahkan masyarakat dalam mengakses transportasi publik, khususnya commuter line.

"Bisa tinggal di tengah kota dengan pelayanan transportasi. Mau berangkat kantor dijemput kereta api begitu masuk (commuter line) berangkat. Kemewahan tersendiri tidak ketemu dengan kemacetan-kemacetan yang menjemukan itu," kata Basuki. (ara/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed