Follow detikFinance
Rabu 11 Oct 2017, 11:49 WIB

Perumnas Siapkan Rp 750 M Revitalisasi Rusun Klender

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Perumnas Siapkan Rp 750 M Revitalisasi Rusun Klender Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Perum Perumnas berencana melakukan revitalisasi Rumah Susun (Rusun) Klender, Jakarta Timur mulai awal tahun depan. Perumnas sendiri menyiapkan dana sebesar Rp 750 miliar untuk melakukan pembangunan ulang rusun yang sudah ada sejak tahun 1980-an.

Direktur Pemasaran Perumnas Muhammad Nawir mengatakan, sebanyak 1.200 unit rusun Klender akan direvitalisasi di atas lahan seluas 10 hektar.

"Nah revitalisasi ini sendiri, bangun pengganti tower pengganti kurang lebih Rp 750 miliar. Itu pengganti 1.200 (unit) saja," ujar Nawir saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Saat ini, Perumnas tengah melakukan sosialisasi kepada para penghuni rusun Klender terkait rencana revitalisasi. Sekitar 50% dari penghuni pun sudah menyatakan persetujuannya untuk proses revitalisasi rusun.

"Saat ini proses persetujuannya yang kita sosialisasikan sudah tinggal penandatanganan persetujuan dari masing-masing pemilik, sudah 50% saat ini," ujar Nawir.

Revitalisasi rusun Klender dilakukan dengan menghancurkan bangunan lama dan kemudian membangun 2 tower baru setinggi 20 lantai. Rusun Klender nantinya juga akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung mulai dari taman, kolam renang, dan fasilitas olahraga lainnya.

"Di-demolished (dihancurkan) kemudian dibangun rusun baru setinggi kurang lebih 20 lantai rata-rata," tutur Nawir.

Selanjutnya, sisa lahan yang ada dikerjasamakan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dibangun Rusunawa untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Pemda DKI akan beli lahan tersebut dan di atasnya dibangun rusunawanya Pemda digunakan kalau ada MBR tinggal di situ," ujar Nawir. (ara/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed