Follow detikFinance
Senin 20 Nov 2017, 16:50 WIB

Rumah Pondok Indah Novanto Rp 81 Miliar, Setara 1 Cluster di Parung

Danang Sugianto - detikFinance
Rumah Pondok Indah Novanto Rp 81 Miliar, Setara 1 Cluster di Parung Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Selain memiliki rumah di Kebayoran Baru seharga Rp 204,8 miliar, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto ternyata juga memiliki rumah di bilangan Pondok Indah. Bahkan dia diketahui memiliki rumah yang terdiri dari 4 kavling.

Setelah dihitung dengan kisaran harga tanah dan bangunan di wilayah Pondok Indah, rumah Novanto diperkirakan nilainya mencapai Rp 81 miliar. Memang tidak semahal yang berada di Kebayoran Baru, namun rumah itu juga terbilang mewah.

Jika dibandingkan dengan rumah-rumah di pinggiran Jakarta, rumah itu setara dengan satu komplek. Seperti di Sentraland Paradise Cluster, Parung Panjang, Bogor harganya di kisaran Rp 250 jutaan dengan ukuran luas bangunan 60 meter persegi.

Nah jika dihitung, maka rumah Novanto di Pondok Indah itu setara dengan 324 rumah di Parung Panjang, Bogor.


Sebelumnya diberitakan, Novanto diketahui memiliki 2 rumah di Jl Kartika Utama PU 16 dan 17. Selain itu 1 rumah besar di Jl Gedung Pinang yang juga terdiri dari 2 kavling yakni PU 10 dan 11. Keempat kavling tersebut saling membelakangi sehingga menjadi satu kesatuan.

Direktur Marketing Era Graha, Raymond Gunawan mencatat, untuk 1 kavling di Jl Kartika Utama tanahnya seluas 500 meter persegi. Sementara untuk di Jl Gedung Pinang per kavlingnya 400 meter persegi.

"Berarti jika dia punya 2 di Kartika Utama dan 2 di Gedung Pinang tanahnya seluas 1800 meter persegi," tuturnya saat dihubungi detikFinance.

Dia menjelaskan, untuk harga tanah di daerah tersebut saat ini berkisar Rp 35-37 juta per meter. Jika dikalikan dengan luasan tersebut berarti harga tanahnya saja miliki Novanto senilai Rp 63-66,6 miliar.

Sementara untuk harga bangunan per meternya diperkirakan mencapai Rp 8 juta, hal itu mempertimbangkan bangunan rumah Novanto yang sudah tidak dalam kategori baru.


Biasanya untuk luasan bangunan, kata Raymond memakan lahan 50% dari luasan tanah. Maka bisa diasumsikan luas bangunan 4 kavling rumah Novanto sebesar 1.800 meter persegi, sebab rumahnya dibangun 2 tingkat.

Jika dihitung dengan harga bangunan per meter itu, maka nilai bangunan rumah Novanto di Pondok Indah sebesar Rp 14,4 miliar. Berarti ditambah dengan kisaran harga tanahnya maka rumah Novanto secara keseluruhan di kisaran Rp 77,4 miliar sampai dengan Rp 81 miliar. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed