Follow detikFinance
Rabu 29 Nov 2017, 09:54 WIB

Skema DP Rp 0 Rampung Akhir 2017, Ini Kata Anies

Hendra Kusuma - detikFinance
Skema DP Rp 0 Rampung Akhir 2017, Ini Kata Anies Foto: Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa skema pembiayaan dari program rumah dengan uang muka atau down payment (DP) Rp 0 akan rampung pada akhir 2017.

Anies menyebutkan, nantinya aturan pembiayaan DP Rp 0 ini tertuang dalam peraturan gubernur (Pergub) yang secara detil mengatur dan menjadi payung hukum.

"Skema pembiayaannya itu secara konsep sudah selesai, sekarang lagi menyiapkan regulasinya, kan harus ada peraturan gubernur untuk menjadi dasar hukum program ini, fase itu sedang disiapkan," kata Anis kepada detikFinance usai menghadiri acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (Bankers' Dinner) di JCC, Jakarta, Selasa malam.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Anies, Pemprov DKI Jakarta juga tengah menyiapkan beberapa lokasi awal untuk mengimplementasikan program rumah dengan DP Rp 0.

"Supaya bisa langsung eksekusi, mengenai titiknya nanti sesudah diputuskan," tambah dia.

Mantan Menteri Pendidikan ini menyebutkan, bahwa program rumah dengan DP Rp 0 ini juga tidak menutup kemungkinan akan menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahaan (FLPP).

"Itu termasuk salah satu yang kita bicarakan dengan PUPR, iya nanti masuk (ke pergub), tapi belum fix itu, kita bicara dengan PUPR, apakah kita bisa pakai fasilitas itu," tutup dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, implementasi program DP Rp 0 didasarkan pada peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 18/16/PBI/2016 tentang Loan To Value (LTV) atas KPR dan DP Kendaraan Bermotor.

Di mana, pada Pasal 17 PBI tersebut telah diatur pengecualian terkait pemenuhan terhadap rasio LTV untuk pembiayaan program perumahan pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah.

"Skema yang didorong adalah skema pengecualian. Di PBI diperbolehkan tanpa DP selama itu adalah program atau yang di luar LTV, selama itu program pemerintah pusat maupun Pemprov," kata Sandi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed