Follow detikFinance
Rabu 29 Nov 2017, 10:16 WIB

Ini Bocoran Lokasi Rumah DP Rp 0 Anies-Sandi

Hendra Kusuma - detikFinance
Ini Bocoran Lokasi Rumah DP Rp 0 Anies-Sandi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Arief-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku hingga saat ini belum bisa mengungkapkan titik lokasi yang akan menjadi pengimplementasian program penyediaan rumah dengan uang muka atau down payment (DP) Rp 0.

Dia mengaku, jika diumbar sedari awal maka akan terjadi keributan-keributan yang justru menjadi penghambat implementasi dari program itu sendiri.

Meski demikian, ia memberikan bocoran dengan menyebutkan kriteria lokasi yang bakal digunakan Pemprov DKI untuk merealisasikan program rumah tanpa uang muka tersebut.

"Iya ada beberapa skema, satu tempat yang baru, yang kedua adalah konversi yang eksisting sudah ada tapi dikonversi pembiayaannya menjadi DP nol skemanya. Kemudian yang ketiga adalah individual," kata Anies kepada detikFinance usai menghadiri acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (Bankers' Dinner) di JCC, Jakarta, Selasa malam.

Meski demikian, Anies mengungkapkan bahwa skema yang sudah ada tersebut masih bisa berubah, terlebih lagi peraturan gubernur yang menjadi dasar hukum baru rampung pada akhir tahun ini.

"Tapi ini semua baru kriterianya, nanti sesudah ada peraturan gubernur baru detil konsepnya," jelas dia.

Anies memastikan bahwa skema pembiayaan dari program rumah dengan uang muka atau down payment (DP) Rp 0 akan rampung pada akhir 2017.

Adapun, skema pembiayaan tersebut nantinya tertuang dalam peraturan gubernur (Pergub) yang secara detil mengatur dan menjadi payung hukum.

"Skema pembiayaannya itu secara konsep sudah selesai, sekarang lagi menyiapkan regulasinya, kan harus ada peraturan gubernur untuk menjadi dasar hukum program ini, fase itu sedang disiapkan," kata Anies. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed