Follow detikFinance
Selasa 05 Dec 2017, 19:10 WIB

Program Sejuta Rumah Tak Capai Target, Ini Sebabnya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Program Sejuta Rumah Tak Capai Target, Ini Sebabnya Ilustrasi (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Program sejuta rumah kembali gagal mencapai target pada tahun ini. Realisasi pembangunan rumah di Indonesia sepanjang tahun ini tercatat baru mencapai 765.120 unit.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, sampai akhir tahun nanti kemungkinan capaian program sejuta rumah akan mencapai sekitar 830 ribu unit rumah. Meski capaian ini sudah lebih tinggi dari realisasi tahun 2016 yang sebesar 805.169 unit, namun masih ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penyediaan rumah di lapangan.

"Dari sisi regulasi, sebenarnya ada percepatan. Tapi di daerah belum bisa melaksanakan. Laporan pengembang seperti itu, ada perampingan peraturan perizinan. Waktu arahan dari kita sebenarnya sudah, tapi di lapangan kita akan tingkatkan kontrol regulasi," katanya di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Selain itu, kendala penyediaan lahan jadi tantangan bagi pemerintah untuk lokasi pembangunan rumah MBR. Dia bilang, saat ini Kementerian PUPR tengah berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dalam penggunaan lahan land bank.

"Masalah tanah itu yang terutama. Kalau bicara tanah, kita harus beli tanah itu yang masih alot. Tanah-tanah yang kita jajaki itu tanah wakaf, kemungkinan bisa kita manfaatkan untuk dibangun," ungkapnya.

Dengan kendala lahan yang difasilitasi lewat land bank yang dimiliki oleh Kementerian ATR itu, pemerintah pun ke depan akan mendorong pengembang untuk membangun rumah di lokasi-lokasi land bank tadi.

"Jadi tanah-tanah pemerintah bisa dimanfaatkan untuk dikerjasamakan dengan pengembang," pungkasnya. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed