Berapa Kekayaan Bos Reebok yang Punya Istana Super Mewah?

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Rabu, 20 Des 2017 18:39 WIB
Foto: ist
Jakarta - Siapa tidak kenal dengan sepatu olahraga Reebok? Banyak atlet memakai sepatu itu dan tokonya tersebar di seluruh dunia.

Namun tahukah Anda siapa pendiri merek Reebok? Seperti dikutip dari Forbes, Rabu (20/12/2017), orang yang menemukan dan membuat merek Reebok terkenal adalah Paul Fireman.

Pria dengan kekayaan US$ 1,08 miliar atau setara Rp 15 triliun (kurs Rp 13.500/dolar AS). Paul awalnya membeli hak distribusi perusahaan sepatu kecil asal Inggris untuk masuk ke Amerika Serikat (AS) pada 1979.

Paul memberi merek Reebok atas sepatu-sepatu yang dikirim langsung dari Inggris ke AS itu. Dengan promosi yang tepat, Paul berhasil mendorong Reebok menjadi merek terkenal saat tren aerobik dan breakdance di AS awal tahun 80-an.

Sayangnya, pada tahun 1990-an, popularitas Reebok tersalip oleh Nike. Paul pun diminta mundur dari perusahaan yang sudah ia bangun pada 1996.

Namun Paul tidak lama-lama meninggalkan perusahaannya. Pada 1999 ia kembali mengambil posisi penting di Reebok dan secara perlahan tapi pasti berhasil mengembalikan kejayaan bisnisnya.

Setelah sukses, Paul menjual kepemilikan saham Reebok ke Adidas senilai US$ 3,8 miliar (Rp 51,3 triliun) pada 2005 lalu. Atas transaksi itu, Paul mendapat US$ 600 juta (Rp 8,1 triliun).

Paul sekarang masih aktif di dunia olahraga. Saat ini Paul berinvestasi di Liberty National Golf Course, di New Jersey dengan pemandangan ke Patung Liberty. Ini merupakan salah satu klub golf paling bergengsi di dunia, untuk jadi anggota saja harus bayar US$ 500.000 (Rp 3,37 miliar).

Paul juga terkenal dengan rumahnya yang super mewah. Bisa dilihat di berita di bawah ini.

(ang/hns)