Follow detikFinance
Kamis 21 Dec 2017, 14:50 WIB

Cara Pemerintah Agar Pengembang Tak Asal Bangun Rumah FLPP

Trio Hamdani - detikFinance
Cara Pemerintah Agar Pengembang Tak Asal Bangun Rumah FLPP Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menuntut pengembang perumahan memerhatikan kualitas hunian yang dibangun, salah satunya dengan program registrasi pengembang yang dilaksanakan lewat Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Unit Organisasi Non Eselon di bawah Kementerian PUPR.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR , Lana Winayanti mengatakan, proses registrasi bakal berlaku mulai 1 Januari 2018. Registrasi bagi pengembangan ini lebih dikhususkan bagi pembangunan hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"PPDPP juga tengah membuat suatu sistem untuk registrasi pengembang yang akan diberlakukan per 1 Januari 2018. Pengembang yang dapat membangun rumah FLPP adalah pengembang yang telah terdaftar di Ditjen Pembiayaan Perumahan," katanya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Diberlakukannya program registrasi ini, bertujuan untuk menghindari pengembang-pengembang nakal yang dinilai kerap mengabaikan kualitas hunian yang dibangun, yang mana berujung merugikan konsumen.

Selain itu, program ini rencananya juga akan dikembangkan untuk memantau ketersediaan pasokan rumah, termasuk lokasi yang dibangun.

"Kementerian PUPR juga akan selalu memantau kinerja pengembang dan serta memberi kepastian kepada bank terhadap kualitas rumah dan kualitas pengembangnya. Selain itu kami juga mendorong adanya sertifikasi terhadap pengembangan ini bekerja sama dengan (lembaga penyedia jasa konstruksi) agar dapat lebih profesional dan lebih menjamin kualitas bangunan rumah," lanjutnya.

Adapun registrasi pengembang dilakukan secara bertahap. Sedikitnya ada 4 tahap yang mesti dilakukan, yakni sebagai berikut:

1. Tahap Registrasi Asosiasi dan Pengembang (Januari Maret 2018)

2. Tahap Seleksi Asosiasi dan Pengembang (April Juni 2018)

3. Tahap Sertifikasi Asosiasi dan Pengembang (Juli-Desember 2018)

4. Tahap Reward dan Punishment Asosiasi dan Pengembang (Desember 2018)

"Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada asosiasi pengembang REI yang telah menginisiasi proses sertifikasi ini," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed