Follow detikFinance
Jumat, 05 Jan 2018 12:06 WIB

Bertemu Gubernur BI, Anies Bentuk Tim Rumah DP Rp 0

Marlinda Oktavia Erwanti - detikFinance
Foto: Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah Foto: Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja bertemu Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, di Komplek BI, Jakarta Pusat. Banyak hal dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan BI sepakat membentuk tim bersama untuk menyusun rincian pengelolaan program rumah dengan uang muka alias down payment (DP) nol rupiah (Rp 0).

"BI memberikan skema-skema untuk bisa kami diskusikan lebih jauh, yang pada intinya adalah BI memberikan dukungan sekaligus mengajak kita untuk buat tim bersama dari Pemprov DKI dan BI," kata Anies usai bertemu dengan Agus di Gedung BI, Jumat (5/1/2018).

Tim tersebut, kata Anies, akan menyusun detail pengelolaannya program rumah murah tersebut. Tim ini pula yang akan bekerja sama dengan instansi terkait demi memuluskan program tersebut.

"Tim nanti bekerja sama dengan instantsi pemerintah pusat lainnya yang memiliki relevansi. Terutama Kementerian PUPR dan juga Kemenkeu. Harapannya program kita, DP nol persen bisa itu lebih terlaksana lebih efisien tepat dan sesuai dengan aturan," jelasnya.

Sampai saat ini, skema program DP Rp 0 masih digodok. Dulu Anies berharap skemanya bisa matang di akhir 2017 lalu.

Sebab, skemanya mengacu kepada Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/16/PBI/2016 tanggal 29/10/2016 tentang Loan to Value (LTV) atas KPR dan DP Kendaraan Bermotor.


Dalam aturan ini dibahas besaran minimal DP rumah yang bisa diberikan, dan tidak ada aturan yang memperbolehkan DP Rp 0.

Namun, Pada Pasal 17 Peraturan Bank Indonesia tersebut telah diatur pengecualian terkait pemenuhan terhadap rasio loan to value untuk pembiayaan Program Perumahan Pemerintahan Pusat dan/atau Pemerintah Daerah.

Dengan adanya pengecualian ini, Pemprov DKI berharap program DP Rp 0 bisa segera terlaksana.

(ang/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed