Follow detikFinance
Rabu, 10 Jan 2018 17:21 WIB

Cerita Orang Bekasi Doa di Mekkah Demi Sertifikat Tanah

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Danu Damarjati/detikcom Foto: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta - Saat membuka agenda MoU (memorandum of understanding) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dengan Pelindo I, II, III, dan IV, Menteri ATR, Sofyan A. Djalil menceritakan kisah warga Bekasi yang berdoa agar dimudahkan dalam membuat sertifikat tanah.

"Untuk sekedar joke atau informasi, saya akan sedikit cerita. Ini cerita real terjadi beberapa tahun lalu bagaimana sulitnya mendapatkan sertifikat," ujar Sofyan di hadapan hadirin saat membuka cerita tersebut, di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

"Suatu hari jamaah dari Bekasi pergi umrah. Dari Bekasi satu rombongan pergi umrah ke Mekkah. Salah satu jamaah umrah itu adalah orang BPN (Badan Pertanahan Nasional)," ia melanjutkan.

Saat sedang tawaf seorang jamaah terlihat begitu khusyuk berdoa. Saking khusyuknya, janggut jamaah tersebut sampai basah oleh air mata. Kemudian jamaah tersebut disapa oleh orang BPN.

"Pak kenapa tadi kok khusuk," kata Sofyan menirukan suara orang BPN tersebut.

Jamaah itu kemudian mengaku bahwa ia berdoa kepada Tuhan agar dimudahkan dalam membuat sertifikat tanah.

"Dia bilang (jamaah Bekasi) saya berdoa semoga Allah SWT membantu saya mewujudkan keluar sertifikat," jelas Sofyan yang langsung disambut tawa hadirin.

Cerita itu pun sampai kepada pihak BPN yang lantas meminta percepatan proses sertifikat tanah. Hingga pada akhirnya, sepulang dari umrah jemaah asal Bekasi itu pun mendapatkan sertifikat tanahnya.

"Kemudian keluar cerita ini ke pak Iswanda. Pak Iswanda itu Dirjen. Dia telefon kepala kantor BPN Bekasi, 'eh cari sertifikat atas nama bapak itu, antarin ke rumah awak hari ini," katanya menirukan ucapan orang BPN.

"Rupanya jamaah tadi datang tadi pagi. Sorenya datang sertifikat. Berkembanglah isu di Bekasi kalau mau kekuar sertifikat harus berdoa di depan kakbah," imbuhnya yang masih disambut tawa hadirin.

Menteri ATR Sofyan A. Djalil hadir dalam penandatanganan MoU dengan Pelindo I, II, III, dan IV, untuk mendukung pengadaan lahan dalam pengembangan pelabuhan, penyelesaian lahan yang bermasalah, dan percepatan melakukan sertifikasi di seluruh Pelindo. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed