Follow detikFinance
Kamis 18 Jan 2018, 22:40 WIB

DP Rp 0 Anies-Sandi Bakal 'Nebeng' Program DP 1% Jokowi

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
DP Rp 0 Anies-Sandi Bakal Nebeng Program DP 1% Jokowi Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menjalankan program hunian DP Rp 0 yang digagas pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno semasa kampanye dulu.

Meski sudah groundbreaking unit hunian vertikal atau rumah susun (rusun) di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, nyatanya, kajian soal program ini belum tuntas.

Sandiaga Uno menyebut, kajiannya baru akan difinalisasi atau dirampungkan pada April 2018 mendatang.

"Sabar saja. April kita akan finalisasi," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta, Kamis (18/1/2017).

Terkait skema pemberian DP Rp 0, sandi menyebut, nantinya akan disinergikan dengan program pemerintah pusat yang sudah ada yakni program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dilaksanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2015.

Dalam skema FLPP, ada dua fasilitas yang bisa dinikmati masyarakat berpenghasilan rendah. Pertama, bantuan DP KPR mulai dari 1% hingga 5%. Kedua, subsidi bunga KPR menjadi hanya 5%, tetap selama periode cicilan.

"Skemanya kita melihat didorong dalam kesinambungan dengan FLPP," jelas dia.

Dalam sekma yang masih dibahas, lanjut Sandiaga, pemda DKI rencanya akan mengalokasikan dana dari APBD DKI untuk membayar selisih uang muka pada program FLPP sehingga masyarakat bisa memperoleh KPR dengan DP Rp 0.

"Nanti itu kita, salah satu konsep (pendanaannya) itu adalah FLPP, tapi 1% (DP-nya) dibantu oleh Pemprov. Salah satu pemikirannya seperti itu," tutur Sandi.

Rencana tersebut nantinya akan disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengingat pemberian tambahan subsidi tersebut akan memanfaatkan dana dari APBD DKI.

"Tentunya kalau misalnya berkaitan dengan APBD, kita harus minta persetujuan dari teman-teman di DPRD. Nanti kita akan sosialisasi dan kita akan ajak sama-sama bicara," tandas dia. (fdu/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed