Follow detikFinance
Rabu 31 Jan 2018, 20:40 WIB

Pengembang Setuju Bangun Rumah DP Rp 0, Asalkan...

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Pengembang Setuju Bangun Rumah DP Rp 0, Asalkan... Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta - Real Estate Indonesia (REI) menjadi salah satu pengembang rumah DP Rp 0. Namun, pihaknya menyatakan akan setuju bila memenuhi satu syarat. Apa itu?

Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata mengatakan, dukungan penyediaan pembangunan rumah DP Rp 0 akan diberikan bila skema kerja sama antara pemerintah provinsi DKI Jakarta dan pengembang sudah jelas.

Pasalnya, hingga saat ini, belum ada skema yang jelas terkait kerja sama penyediaan DP Rp 0 meski sudah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemprov DKI dan Pengembang dalam hal ini DPD REI DKI Jakarta.

Selain itu, skema pembiayaannya pun belum jelas.

"Kalau REI itu begini dari skema pembiayaan dilaksanakan oleh pemerintah itu pertama bisa legal artinya umum, bisa dilaksanakan pihak swasta. Kalau sudah keluar skemannya bisa dilakukan oleh pihak swasta kita akan ikut," katanya di Jakarta, Rabu (31/1/2018).


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa skema aturan dari pemerintah tersebut telah dibawa oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno ke Bank Indonesia (BI) dan OJK untuk diproses.

"Kalau Pak Wakil Gubernur kan sedang memproses perizinan dari skema itu ke BI dan OJK kalau waktu kita di DKI seperti itu. Kita tunggu saja skemanya seperti apa karena ini kan sifatnya regional hanya DKI jadi akan berpartner dengan DKI," sambungnya.

Sementara itu, ia juga berpendapat untuk perhitungan cicilan rumah DP Rp 0 secara teknis akan memakan biaya cicilan yang lebih besar dibanding yang biasa.

"Secara teknis tapi kalau orang itu memberikan DP yang kecil otomatis dia terkena bunga yang besar di cicilan tapi kalau memberikan DP yang besar otomatis dia terkena bunga yang kecil di cicilan karena cicilan itu kan jumlahnya menghasilkan bunga," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed