Follow detikFinance
Kamis 01 Feb 2018, 15:20 WIB

Uang Pemeliharaan di Rusun DP Rp 0 Ditanggung Penghuni

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
Uang Pemeliharaan di Rusun DP Rp 0 Ditanggung Penghuni Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah membangun beberapa tower rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan program DP Rp 0. Pemprov DKI menegaskan pengelolaan dan perawatan rusun tersebut akan diserahkan sepenuhnya pada penghuni.

"Kalau yang namanya bangunan milik sendiri, kita enggak ikut-ikutan lagi. Mereka yang atur IPL (Iuran Pemeliharaan Lingkungan Hidup)-nya. Kalau ada rusak betulin sendiri, kecuali rusunawa kita," kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman DKI Aguatino Dharmawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2018).

Agustino menegaskan akan menyerahakn pengelolaan rusun sepenuhnya pada penghuni. Dia mengatakan Pemprov DKI hanya bertanggung jawab pada pembangunan bukan pengelolaan.

"Begitu sudah dapat semuanya dari bank sudah. Urusan dia sama bank, kita enggak," terangnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan membangun rumah DP Rp 0 di PIK (Perkampungan Industri Kecil) Pulo Gadung, Jakarta Timur. Program tersebut akan dibangun dalam bentuk rumah susun sederhana milik (rusunami) di akhir Desember 2018.

"Supaya bisa cepat launching, tetap DP Nol. Itulah yang kita kejar sampai akhir Desember," kata Kepala (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman) Disperkim DKI, Agustino Darmawan, pada rapat bersama Komisi C DPRD DKI, di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (31/1).

Disperkim mengalokasikan Rp 200 miliar dari membangun empat tower rusunami. Rusunami tersebut dinbangun di lahan milik Pemprov DKI.

"Nanti konsumen akan dapat SKBG (Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung Satuan Rumah Susun) , surat kepemilikan bangunan gedung," sebut Agustino. (fdu/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed