Follow detikFinance
Selasa, 06 Feb 2018 16:44 WIB

Warga Rumah DP 1% Jokowi: Janji Pengembang Bebas Banjir

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Warga Villa Kencana Cikarang tidak menyangka rumah yang dibelinya kini tergenang banjir. Padahal, pengembang rumah DP 1% yang diprogramkan Presiden Joko Widodo itu dulu menjamin perumahan bebas banjir.

Warga Villa Kencana, Sunardi mengatakan, salah satu pertimbangan dia membeli rumah ini selain murah dan dapat keringanan uang muka 1% adalah janji dari pengembang akan kondisi lingkungan.


"Pas lagi survei, sama pengembangannya mereka bilang bebas banjir. Mereka ngomong sama yang mau beli rumah. Pas ditanya bebas banjir enggak, kata dia bebas banjir dari hasil survei," tutur Sunardi ditemui detikFinance di lokasi, Cikarang, Selasa (6/2/2018).

Tak hanya itu, iming-iming itu juga disebutkan pengembang dalam brosur yang dibagikan pada calon pembeli. "Di brosur juga ada tulisan bebas banjir. Enggak nyangka juga ternyata banjir," tuturnya.

Sunardi tak muluk-muluk. Ingin pengembang cepat mencari solusi agar hunian mereka tak lagi tergenang banjir.

[Gambas:Video 20detik]


Begitu juga dengan Erlan, warga lain yang menyebutkan permasalahan dan keluhan soal banjir ini sudah disampaikan ke pengembang. Namun, mereka tak dapat respons yang memuaskan.


"Kita sudah ajuin ada foto-foto genangannya, tandatangan warga juga sudah diserahin," imbuhnya.

Dia meminta pengembang cepat tanggap mencari solusi untuk hal ini. Dia juga berharap bantuan pemerintah.

"Kalau enggak ada tanggapan dari developer harusnya turun tangan langsung soalnya kan ini subsidi ya ada peran pemerintah," imbuhnya.

Kompleks rumah ini diresmikan Jokowi pada Mei tahun lalu. Total ada 8.749 rumah dengan DP1%. Alamat perumahan ini di Jalan raya Pulo Sirih No 84 Sukajadi, Sukaraya, Bekasi. Perumahan ini dibangun oleh PT Arrayan Bekasi Development (zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed