Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Feb 2018 13:19 WIB

Renovasi Saribu Rumah Gadang Diproyeksi Rampung 2019

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merevitalisasi kawasan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang. Kawasan ini merupakan cagar budaya di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Jokowi meminta kawasan cagar budaya itu segera direvitalisasi, dan selesai tahun ini juga. Permintaan Jokowi nampaknya sulit terwujud karena proses revitalisasi baru berjalan di Oktober dan diprediksi rampung Desember 2019. Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo mengatakan, saat ini pihaknya masih menyusun detail engineering design (DED) dan masterplan revitalisasi kawasan saribu rumah gadang.

"Mulai kerja tetap di tahun 2018 dan diharapkan tuntas 2019. Diperkirakan sekitar Oktober sampai Desember 2019," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Rabu (14/2/2018).

Anggaran program revitalisasi saribu rumah gadang sendiri akan dilaksanakan melalui DIPA Ditjen Cipta Karya tahun jamak atau multiyears 2018-2019. Jumlah anggaran belum bisa dipastikan karena mesti menunggu DED dan masterplan revitalisasi rampung.


Sebelumnya Jokowi sudah meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memugar Kampung Adat Saribu Rumah Gadang. Dia memberikan tenggat waktu 1 tahun untuk revitalisasi kawasan cagar budaya ini.

Jokowi juga menugaskan Kementerian PUPR untuk melakukan penataan kawasan pariwisata Nagari Tuo Pariangan di Tanah Datar sebagai Desa Terindah.

"Tadi pagi saya sampaikan ke Pak Menteri PUPR tolong diselesaikan tahun ini dan nantinya revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat," kata Jokowi minggu lalu.

Dalam rencana induk yang disiapkan, nantinya akan dilakukan perbaikan bangunan rumah gadang yang ada, penataan lansekap kawasan, dan pembangunan landmark utama dan peningkatan fasilitas untuk wisatawan. (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed