Follow detikFinance
Rabu, 28 Feb 2018 18:35 WIB

Gapura Ini Bilang Rumah DP Rp 0 di Cilincing Proyek Pemprov DKI

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan menyangkal rumah murah yang dibangun di Rorotan, Jakarta Utara, termasuk program DP Rp 0 Pemprov DKI. Dia memastikan itu tidak termasuk program DP Rp 0.

Kata dia hal itu karena pembiayaan pembangunan rumah tersebut tidak menggunakan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Anehnya, pada sejumlah spanduk di area proyek terpampang jelas tulisan "Peresmian Lokasi Pembangunan Perumahan DP 0 Rupiah," seperti pengamatan detikFinance di lokasi proyek, Rabu (28/2/2018).


Hari ini memang baru saja diselenggarakan soft launching peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek rumah tapak DP Rp 0 di lokasi tersebut sehingga terpampang spanduk bertuliskan demikian.

Masih di spanduk yang sama juga ada tulisan yang jelas-jelas menyatakan kalau proyek perumahan tersebut termasuk program DP Rp 0 milik Pemprov DKI. Tulisannya seperti ini, "Program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta".

Di spanduk tersebut juga terdapat logo Pemprov DKI yang bersanding dengan logo si pengembangan dalam hal ini PT Nusa Kirana.

Foto: Trio Hamdani/detikFinance

Warga yang datang juga tahunya pun ini program DP Rp 0. Seperti pengakuan salah seorang warga bernama Abduh ketika ditanya mengapa tertarik dengan rumah tersebut. Dia beralasan karena kepemilikannya tanpa DP alias DP Rp 0.

"(Mengapa tertarik), pertama mungkin mempermudah masyarakat itu kan yang sebelumnya kan kita kan biasanya mau ambil rumah ada DP. Kalau ini kan tanpa DP istilahnya. Sedikit mempermudah kami miliki rumah tinggal," katanya.

Warga lainnya juga mengatakan hal serupa bahwa mereka berminat memiliki rumah tersebut karena yang mereka tahu itu program Pemprov DKI yakni rumah DP Rp 0. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed