Follow detikFinance
Selasa, 20 Mar 2018 13:14 WIB

Berapa Target Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Tanah?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Syahdan Alamsyah Foto: Syahdan Alamsyah
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya program membagi-bagikan sertifikat tanah. Belakangan, program ini disindir politikus PAN Amien Rais. Berapa target Jokowi membagikan sertifikat tanah ke masyarakat?

Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian ATR/BPN Djamaluddin menyampaikan hingga 2024 ditargetkan sebanyak 126 juta bidang tanah sudah dapat sertifikat.

"Diperkirakan tahun 2024 itu semua bidang tahah seluruh Indonesia kurang lebih 126 jutaan bidang itu terdaftar," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (20/3/2018).


Catatannya, pada tahun lalu ada sebanyak 5 juta bidang tanah yang berhasil dapat sertifikat. Tahun ini targetnya lebih tinggi dari itu. Pada 2018 ini ditargetkan 7 juta bidang tanah mendapatkan sertifikat.

"Tahun kemarin 5 juta tercapai, tahun ini 7 juta insyaallah tercapai, tahun besok 9 juta," sebut Djamaluddin.

Dirinya pun menyampaikan program bagi-bagi sertifikat yang kerap dilakukan langsung oleh presiden sangat bermanfaat buat masyarakat.


"Sangat bermanfaat dan program pak presiden ini menurut ya kita semua mungkin sepakat program ini adalah program yang luar biasa dalam artian percepatannya," lanjutnya.

Tapi disadari masih terdapat tantangan dalam menjalankan program ini. Pihaknya pun ambil pelajaran dari tahun 2017 lalu di mana masih ada sebagian masyarakat yang kurang dapat sosialisasi dan pemahaman soal program ini.

"Jadi tantangan-tantangan dalam artian kendala itu ya masyarakat sendiri tadinya belum begitu antusias. Ada sebagian ya. Kalau di kota-kota besar rata-rata oke semua. Tapi itu (di daerah) pun sebagian kecil. Tapi kalau semua sekarang masyarakat sudah mendukung," tambahnya.

(zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed