Follow detikFinance
Kamis, 19 Apr 2018 19:00 WIB

Beli Rumah Lelang BTN Bisa Lebih Murah 50%

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) melelang ribuan rumah yang cicilannya macet di rumahmurahbtn.com. Keunggulan dari membeli rumah lelang sendiri ialah harganya murah.

Direktur BTN Nixon Napitupulu mengatakan, rumah yang dilelang merupakan rumah yang dilepas dengan kondisi seadanya. Artinya, rumah-rumah cenderung tidak terawat dan rusak.

Lanjut Nixon, rumah yang dilelang tidak menggunakan harga pasar. Meski tidak semua, dia bilang, rumah lelang bisa lebih murah dari harga pasar.

"(Harga?) Tergantung ya, kebayang lah kemarin ada Rp 80 juta, pasaran di situ mungkin Rp 200 juta. Ada 50%. Saya nggak bilang semua," kata dia di Kantor Pusat BTN Jakarta, Kamis (19/4/2018).



Selanjutnya, Nixon menuturkan, keunggulan membeli rumah lelang ialah barangnya sudah berwujud. Berbeda dengan rumah baru, di mana konsumen mesti menunggu apakah nantinya rumah tersebut bakal dibangun atau tidak.

"Yang kedua pada umumnya itu rumah jadi. Beda kalau beli rumah inden, agak deg-degan kan. Ini jadi cuma elek (jelek). Karena nggak dirawat, dikosongin," jelasnya.

Keunggulan lain, kata dia, pemukiman rumah ini sudah jadi. Tidak seperti membeli rumah di kawasan yang baru di mana lingkungannya masih sepi.

"Pemukimannya udah jadi, sudah punya tetangga semua," ujarnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed