Follow detikFinance
Jumat, 04 Mei 2018 13:40 WIB

Bandara Kediri Bakal Jadi PSN? Darmin: Lihat Saja Nanti

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Pemerintah memiliki daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagai acuan proyek-proyek infrastruktur yang ingin dilakukan percepatan. Bandara Kediri pun sempat diusulkan untuk menjadi PSN namun ditolak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tak berselang lama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Bandara Kediri akan kembali menjadi PSN.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perkonomian Darmin Nasution mengatakan pada dasarnya terkait dengan keputusan PSN telah diselesaikan dalam sidang kabinet. Bandara Kediri pun juga telah diusulkan sejak lama.

"Dari dulu itu sebenarnya diusulkan. Tapi kita sudah rapat, sudah selesai rapatnya, sudah selesai sidang kabinetnya kan," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (4/5/2018).



Meski tak mengkonfirmasi bagaimana kelanjutan nasib proyek tersebut, ia menilai ada kemungkinan untuk memasukan kembali Bandara Kediri menjadi PSN.

"Ya nanti lihat saja," sambungnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Atmaji mengatakan rencana Luhut memasukkan Bandara Kediri sebagai PSN agar bisa mempercepat pembangunan proyek tersebut. Pasalnya, bila tidak proses pembangunan tersebut dinilai akan lebih lama.

"Urgensi nya kalau PSN itu dapat beberapa faktor kemudahan seperti saya katakan misalkan pemda urusan tanah, keterlibatan pemda, RT, RW nya harus berulang lagi kalau ini (masuk PSN) kan langsung dari pemerintah pusat jadi lebih gampang itu saja," ungkapnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed