Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 05 Mei 2018 15:00 WIB

Harga Lahan di DKI Mahal, Rumah DP Rp 0 Bisa Tapak Nggak?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng Real Estat Indonesia (REI) untuk mengembangkan program rumah DP Rp 0. Namun pengembang mengaku terkendala dengan lahan untuk menggarap rumah dengan harga murah di Jakarta.

Ketua DPD REI DKI Jakarta Amran Nukma mengatakan pada dasarnya pihaknya mendukung program Pemprov. Namun di sisi lain, program tersebut terkendala lahan. REI Jakarta sendiri belum mendapatkan informasi di mana lahan rumah DP Rp 0 lainnya yang akan dibangun Pemprov DKI Jakarta.

"Itu kalau sedang menunggu kebijakan Pemprov. Ini produk Pemprov yang saya support, dukung. Jadi kami di posisi memenuhi. Kami nggak bisa pro aktif karena lahannya nggak tahu di mana," katanya di Mandiri Property Expo, JCC, Jakarta, Sabtu (5/4/2018).

Lebih lanjut, ia menjelaskan harga lahan di Jakarta saat ini cenderung mahal. Hal ini membuat akan sulit untuk membangun rumah jenis tapak untuk skala besar bagi kebutuhan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Di DKI sekarang sudah susah nyari Rp 5 juta per meter. Harga tanahnya pasti sudah di atas itu sedangkan kalau di atas itu nggak bisa tercapai masyarakat berpenghasilan rendah," sambungnya.



Amran juga memaparkan komitmen proyek tersebut nanti nya akan berbentuk vertikal dengan harga yang diputuskan oleh pemerintah. Selain itu, target pembangunan per tahun sebanyak 50 ribu unit.

"Pasti vertikal. Harga ikut pemerintah, kalau Rp 300 juta ya kita jual Rp 300 juta. Target Pemprov itu dalam setahun 50 ribu unit untuk rumah susun MBR," katanya.

Sementara itu, rencananya program rumah DP Rp 0 tersebut akan dibangun di daerah transit oriented development (TOD). Sehingga bisa memudahkan mobilitas masyarakat.

"Sebisa mungkin daerah TOD yang lahan nya dimiliki oleh pemerintah di area stasiun," pungkasnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed