Follow detikFinance
Jumat, 29 Jun 2018 16:55 WIB

RI Pindah Ibu Kota, Jakarta Tetap Jadi Pusat Ekonomi-Bisnis

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah masih menyiapkan kota baru pengganti Jakarta sebagai ibu kota. Proses pengkajian telah berjalan dan kini masih menunggu keputusan untuk merealisasikannya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan fokus pemindahan ibu kota adalah pusat pemerintahan, sedangkan pusat perekonomian tetap di Jakarta.

"Yang pindah itu justru pusat pemerintahan, ekonomi bisnis tetap (berada) di Jakarta," kata Bambang kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Bambang menjelaskan, bahwa dalam prosesnya, pemindahan ibu kota harus dilihat dari berbagai sisi. Itu agar, semua proses dari rencana ini bisa benar-benar direalisasikan.

"Proses pemindahan pusat administrasi pemerintahan harus di Indonesia harus dikaitkan dengan keseimbangan antar wilayah," katanya.



Bambang juga mengatakan pemerintah masih tetap konsisten untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa. Mengingat beban Jakarta sebagai ibu kita kerap dinilai sudah terlalu berat.

"(Rencananya) Masih di luar (Pulau) Jawa," kata Bambang.

Walau begitu, Bambang enggan merinci lokasi pasti ibu kota pengganti Jakarta tersebut. Dia tidak mau banyak berkomentar.

"No comment (untuk) soal lokasi," kata Bambang.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed