Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Agu 2018 08:12 WIB

Sudah Sampai Mana Progres Rumah DP Rp 0 Anies-Sandi?

Trio Hamdani - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan proyek rumah DP Rp 0 pada 18 Januari 2018. Kini, 8 bulan sejak peresmian, bagaimana penampakan proyek tersebut?

Proyek tersebut berlokasi di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dan diberi nama Klapa Village. Proyek ini dijadikan percontohan yang dikerjasamakan oleh BUMD PD Pembangunan Sarana Jaya selaku pengembang proyek, dan kontraktor swasta PT Totalindo Eka Persada Tbk.

Konsep rumah DP Rp 0 adalah rumah susun alias rusun. Rencananya akan dibangun dua tower. Namun, kami lakukan pembangunan satu tower terlebih dulu dengan rincian 513 unit dari tipe 36 m2 (2 kamar) dan 190 unit tipe 21 m2 (1 kamar).

Awalnya Pemprov DKI menjanjikan pada April 2018, masyarakat sudah bisa memesan rumah DP Rp 0, namun batal. Pemprov DKI menunda pemasaran rumah DP Rp 0 karena ingin membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang akan menangani proyek tersebut.

BLUD itu tak kunjung terbentuk. Singkat cerita, Pemprov DKI meluncurkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk menangani rumah DP Rp 0.

Buat mengetahui lebih lanjut bagaimana perkembangannya, baca berita selengkapnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com